Sukses

Kondisi Terkini Pasukan Brimob Penumpang Bus yang Terguling di Kerinci Jambi

Satu unit bus yang membawa anggota Brimob dari Polda Sumsel, terbalik di jalur Muaro Imat, Kerinci.

Liputan6.com, Jambi - Satu unit bus yang mengangkut pasukan Brimob dari Polda Sumsel mengalami kecelakaan tunggal di jalur lintas Muaro Imat, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, Jambi. Dalam peristiwa kecelakaan tersebut seluruh anggota Brimob selamat, meski kondisi atap bus ringsek setelah bus itu terbalik.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan bus yang mengangkut anggota Brimob. Hanya ada beberapa anggota mengalami luka ringan dalam insiden itu.

"Semuanya selamat, pasukan anggota Brimob itu dalam perjalanan pulang ke Palembang setelah di BKO-kan untuk pengamaman Pilkada di Kerinci," kata Kuswahyudi Tresnadi ketika dihubungi Liputan6.com, Kamis (17/12/2020).

Beberapa anggota yang luka lanjut Kuswahyudi, telah menjalani perawatan intensif di RS MH Thalib, Kota Sungaipenuh. Sedangkan, untuk pertolongan pertama, sebagian dirawat di Puskesmas Muaro Imat.

"Semua personel kembali lagi ke Kerinci dan belum pulang ke Palembang. Masih ada yang dalam perawatan," kata dia.

Kecelakaan tunggal yang menimpa bus tersebut terjadi pada Rabu sore kemarin sekitar pukul 15.30 WIB. Penyebab utama dari kecelakaan bus pengangkut Brimob itu diduga karena kondisi jalan sempit dan menurun, sehingga mobil menjadi tidak terkendali, hingga akhirnya terbalik.

Para anggota Brimob itu sebelumnya ditugaskan untuk mengamankan Pilkada di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh. Kedua daerah ini sebelumnya dianggap paling rawan terjadi pelanggaran saat Pilkada.

Pasukan Brimob itu saat akan kembali ke Palembang menumpang bus berkelir merah. Diketahui ada dua bus yang sama mengangkut para personel Brimob. Namun, satu bus mengalami kecelakaan, terguling.

Adapun jumlah anggota Brimob yang menumpang bus terbalik itu sebanyak 33 anggota atau satu pleton. Berdasarkan data yang dihimpun dari jumlah ini, tiga anggota luka cukup berat dan beberapa personel luka ringan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalan Berkelok dan Rawan

Jalan lintas di Muaro Imat merupakan jalur satu-satunya yang menghubungkan Kabupaten Kabupaten Kerinci dan Sungaipenuh dari Jambi. Jalur tersebut terkenal rawan. Bahkan tahun lalu, juga pernah terjadi perisitiwa kecelakaan bus yang mengangkut anggota Brimob.

Tahun ini sudah beberapa kali mobil yang mengalami kecelakaan di daerah Muaro Imat. Meski bukan di lokasi yang sama, mobil yang membawa personel Brimob juga pernah terguling di daerah yang sama. 

Memasuki jalur di Muara Imat itu, pengendara akan disuguhkan jalur yang berkelok-kelok. Selain kondisi jalan yang sempit dan di kanan-kiri jurang sehingga kondisi jalur tersebut rawan kecelakaan.

Jalur lintas di Muara Imat itu melewati perbukitan gugus Bukit Barisan. Jalan tersebut masih di kelilingi hutan. Jalur ini terkenal ekstrem karena tanjakan tinggi dan turunan curam mendominasi jalur tersebut.

"Jalan di Muara Imat memang terkenal rawan kecelakaan," kata Yovi Hasendra, warga asli Kerinci yang berdomisili di Kota Jambi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.