Sukses

Pulang dari Jakarta, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo Positif Covid-19

Achmad Purnomo menjalani tes swab covid-19 lantaran yang bersangkutan usai melakukan perjalanan dari Jakarta pada Kamis 16 Juli 2020. Ia pergi atas undangan Presiden Jokowi untuk bertemu di istana.

Liputan6.com, Solo - Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo terkonfirmasi positif Covid-19. Kini, rival Gibran saat merebutkan rekomendasi PDIP sebagai calon Wali Kota Solo itu menjalani karantina mandiri di rumah.

Kabar tersebut awalnya beredar di kalanganan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solo pada Jumat, 24 Juli 2020. Lantas, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo membenarkan adanya kabar wakilnya yang terkonfirmasi positif Covid-19. Purnomo telah menjalani dua kali uji swab dengan metode PCR.

"Hasil tes swab pertama itu antara positif dan negatif jadi masih abu-abu. Sedangkan yang tes swab kedua positif," kata dia di Solo, Jumat, 24 Juli 2020.

Menurut Wali Kota Solo yang akrab disapa Rudy, Purnomo menjalani tes swab covid-19 lantaran yang bersangkutan usai melakukan perjalanan dari Jakarta pada Kamis 16 Juli 2020. Tes swab itu dilakukan pada hari Jumat dan Sabtu lalu.

"Iya Pak Pur abis pulang dari Jakarta," sebutnya.

Kemudian, ia pun menghimbau kepada para pejabat dan pegawai di lingkungan Pemkot Solo yang pernah melakukan kontak dengan Purnomo untuk tidak panik. Selanjutnya, Dinas Kesehatan Kota Solo akan melakukan contact tracing kepada orang-orang yang pernah bertemu langsung dengan Purnomo.

"Saya kemarin saja masih duduk bersama saat rapat virtual dengan camat dan lurah. Besok saya dengan ibu akan swab di Loji (rumah dinas) jam 13.00 WIB," jelasnya.

Seperti diketahui, Achmad Purnomo sempat pergi ke Jakarta. Ia pergi atas undangan Presiden Jokowi untuk bertemu di istana. Pertemuan itu untuk membicarakan terkait hasil rekomendasi DPP PDIP yang jatuh ke Gibran sebagai calon Wali Kota Solo.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.