Sukses

Modus Minta Pekerjaan, Perampok di Palembang Kuras Uang di Brankas Minimarket

Liputan6.com, Palembang - Minimarket waralaba di Kota Palembang kerap menjadi target perampokan para pelaku kriminalitas. Kali ini terjadi di minimarket waralaba di Jalan Kapten Anwar Sastro Kecamatan Ilir Timur I Palembang Sumatera Selatan (Sumsel).

Awalnya, dua orang karyawan minimarket waralaba Amy dan Reza masuk shift pagi, pada Minggu (5/7/2020) pagi. Sekitar pukul 07.00 WIB, mereka membuka dan membereskan minimarket untuk siap melayani konsumennya.

Barulah mereka masuk dan akan membereskan kebutuhan toko, tiba-tiba dua orang pria tak dikenal masuk ke dalam minimarket.

Kedua pria tersebut menawarkan diri untuk ikut bekerja, dengan menjaga kawasan parkir di depan minimarket waralaba tersebut. Namun Amy menjawab, jika mereka harus meminta izin dulu ke penjaga parkir sebelumnya.

"Kami tidak kenal mereka, tiba-tiba datang dan bilang mau menjaga parkir di depan toko. Saya persilahkan, tapi harus izin dulu dengan petugas parkir yang sudah lama bekerja," ucapnya, saat melaporkan kasus perampokan ke Mapolrestabes Palembang, Senin (6/7/2020).

Namun, gelagat kedua pria tersebut dilihat Amy sangat mencurigakan. Bahkan mereka sempat meminta rokok kepada Amy dan Reza, namun tidak diberi.

Amy mengatakan, jika jatah rokok hanya akan diberikan kepada petugas parkir yang sudah bekerja di minimarket waralaba tempatnya bekerja.

Dalam hitungan beberapa detik, salah satu pria tak dikenal itu langsung mengeluarkan senjata tajam (sajam) jenis pisau. Pria tersebut lalu mengacungkan pisau tersebut ke kedua karyawan minimarket itu.

"Mereka langsung meminta kami untuk menunjukkan dimana letak brankas tempat menyimpan uang. Kami terpaksa menujukkannya, karena takut akan dianiayanya," katanya.

Amy dan Reza yang tak bisa berkutik, langsung berjalan diiringi kedua pelaku menuju ke lantai dua minimarket waralaba.

Setelah sampai di ruang tempat menyimpan brankas, salah satu pelaku langsung merusak kunci brankas dan mengambil uang kas minimarket waralaba.

Tak hanya mengambil semua uang kas minimarket tersebut, telepon genggam Reza pun juga dirampas kedua perampok itu.

“Mereka lalu mengunci kami di ruang brankas tersebut dari luar. Lalu mereka kabur membawa uang kas minimarket,” ujarnya di SPKT Mapolrestabes Palembang.

2 dari 3 halaman

Dikunci di Ruang Brankas

Amy dan Reza berusaha keluar dari ruang brankas tersebut dengan membobol kunci pintu. Setelah berhasil keluar, kedua pelaku sudah tidak ada lagi.

Amy dan Reza langsung melaporkan kejadian ini ke pihak managemen minimarket waralaba. Serta membuat laporan ke Mapolrestabes Palembang, dengan membawa barang bukti berupa rekaman CCTV minimarket waralaba.

"Rekaman CCTV sudah dikasih ke polisi. Kami hitung-hitung, kerugian uang sekitar Rp3 jutaan," ungkapnya.

Kasat Reskrim Polrestabes Palembang, AKBP Nuryono mengatakan, mereka masih menyelidiki kasus ini dan sedang memburu kedua pelaku.

"Masih akan kita selidiki lebih lanjut," katanya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: