Sukses

Peserta Ijtima Dunia Asal Manokwari Meninggal Dunia

Liputan6.com, Gowa - Salah seorang peserta Ijtima Dunia 2020 Zona Asia meninggal dunia pada Jumat, 20 Maret 2020 siang sekitar pukul 12.00 Wita. Peserta yang meninggal itu berinisial SR asal Kabupaten Manokwari, Papua Barat. 

"Iya betul satu orang meninggal dunia tadi siang di lokasi kegiatan di Pakkatto (Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan). Dia diduga karena terserang penyakit jantung," kata penanggung jawab posko kesehatan Ijtima Dunia 2020 Zona Asia, dr Kahar Munir, kepada Liputan6.com, Jumat (20/3/2020).

Kahar menceritakan bahwa mulanya SR tiba-tiba dibawa ke posko kesehatan oleh rekan-rekannya menggunakan tandu. Saat itu SR sudah dalam kondisi tidak sadarkan diri. 

"Dia dibawa lima sampai enam orang rekannya jam 11.50 Wita ke posko kesehatan," jelas Kahar. 

Petugas kesehatan pun langsung memberikan pertolongan pertama kepada SR dengan cara melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP) atau pijat jantung. 

"Sudah tidak ada respons verbal, makanya kita lakukan resusitasi," ucapnya. 

Namun sayang, upaya itu gagal, SR tidak tertolong. Kahar menyebutkan bahwa SR memang memiliki riwayat penyakit jantung, sehingga diduga penyebab kematiannya adalah serangan jantung. 

"Kondisi pasien tersebut tidak ada perubahan dan meninggal. Riwayat penyakit sebelumnya pernah mengalami serangan jantung," Kahar memungkasi. 

 

2 dari 2 halaman

Saksikan juga video pilihan berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Trik Takmir Masjid Agung Solo Usir Jemaah yang Berkerumun Usai Salat Jumat
Artikel Selanjutnya
Hoaks Pasar Tradisional di Cirebon Tutup karena Corona Covid-19