Sukses

Satu PDP Meninggal Dunia di RS Adam Malik Medan Positif Corona COVID-19

Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia saat menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSU) Haji Adam Malik, Kota Medan, (Sumatera Utara), bersatus positif terjangkit virus corona COVID-19.

Liputan6.com, Medan Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia saat menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), berstatus positif terjangkit virus corona COVID-19.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas RSUP Haji Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak, membenarkan PDP dengan kode 01 yang meninggal dunia pada Selasa, 17 Maret 2020, positif virus corona COVID-19.

"Iya, benar, PDP 01 positif corona COVID-19," kata Rosario saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (18/3/2020).

Status positif corona COVID-19 menjangkit PDP 01 yang meninggal di RSUP Haji Adam Malik ditegaskan Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk COVID-19, Achmad Yurianto, dalam konferensi persnya di Jakarta.

"Total, kasus meninggal di Indonesia 19 hingga pukul 12.00 WIB hari ini," sebutnya.

Rincian pasien meninggal dunia yakni Bali 1 orang, Banten 1, DKI Jakarta 12, Jawa Barat 1, Jawa Tengah 2, Jawa Timur 1, dan Sumatera Utara 1. Kasus positif virus corona COVID-19 di Indonesia sebanyak 227.

"Sembuh dan dipulangkan 11 kasus," ujarnya.

 

Saksikan juga video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Riwayat Perjalan ke Yerusalem

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan, penelusuran sementara dilakukan pihaknya, PDP dengan nomor kode 01 yang meninggal dunia di RSUP Haji Adam Malik, Jalan Bunga Lau, Medan Tuntungan, memiliki riwayat perjalanan ke Yerusalem dan singgah ke Italia.

"Jenazahnya sudah dibawa pulang oleh keluarga," kata Alwi di Medan.

Saat ini RSUP Haji Adam Malik kembali menerima dua PDP diduga suspect virus corona COVID-19. Pelaksana harian (Plh) Direktur Utama (Dirut) sekaligus Direktur Medik RSUP Haji Adam Malik, dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) membenarkan informasi tersebut.

"Kemarin ada lagi penambahan 2 PDP di rumah sakit kita," sebutnya.

Zainal menjelaskan, RSUP Haji Adam Malik merawat 10 PDP. Namun satu meninggal dunia, sehingga saat ini ada 9 PDP.

"Total PDP kita saat ini ada 9 orang," Zainal menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.