Sukses

Antisipasi Wabah Virus Corona, 16 TKA Asal Tiongkok di Mamuju Jalani Tes Kesehatan

Liputan6.com, Mamuju - Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamuju melakukan operasi pengawasan gabungan orang asing dan pemeriksaan kesehatan bersama Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) Sulawesi Barat. Pemeriksaan tersebut untuk memastikan bahwa Tenaga Kerja Asing (TKA) memiliki izin tinggal yang legal dan tidak terjangkit virus Corona.

Pemeriksaan itu dilakukan terhadap 16 TKA asal Tiongkok yang bekerja di PLTU Belang-belang Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona yang sudah mulai merebak ke berbagai negara.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Mamuju Zakaria mengatakan, operasi ini merupakan pemeriksaan rutin yang dirangkaikan dengan tes kesehatan terhadap TKA yang ada di Mamuju.

"Tim melakukan pemeriksaan dokumen terhadap TKA yang bekerja di PLTU dan didapati bahwa jumlah TKA disini sebanyak 19 orang, namun ada tiga orang yang cuti ke Tiongkok, sehingga hanya 16 orang yang menjalani pemeriksaan," kata Zakaria kepada Liputan6.com, Sabtu (22/02/2020).

Zakaria menambahkan, dari hasil pemeriksaan itu tidak ditemukan pelanggaran imigrasi dari 16 TKA. Sementara untuk pemeriksaan kesehatan para TKA itu dinyatakan tidak terpapar virus Corona oleh pihak Dinas Kesehatan.

"Hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju dan Puskesmas Kalukku, 16 TKA dalam keadaan sehat dan tidak terpapar apa lagi terjangkit virus Corona," ujar Zakaria.

Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Sulbar Daru Fajar mengatakan, pihak imigrasi akan terus bersinergi dalam hal pengawasan orang asing. Apa lagi jika menyangkit isu virus Corona yang sudah menjadi persoalan global.

"Kita terus bersinergi, itu diwujudkan dengan kegiatan gabungan yang tujuannya selain pengamanan kegiatan orang asing, sekaligus berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan terkait isu aktual virus Corona untuk memastikan bahwa TKA Tiongkok tidak membawa atau terjangkit virus," kata Daru Fajar.

Daru Fajar bersyukur bahwa semua TKA yang bekerja di PLTU Belang-belang tidak ada yang terpapar apa lagi terjangkit virus Corona dan juga semua TKA itu memiliki dokumen lengkap, tidak melanggar aturan keimigrasian.

"Semua aman, dari sisi kesehatan semua TKA sehat, dari sisi keimigrasian semua TKA berizin dan berdokumen lengkap," tutup Daru Fajar.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut:

Loading