Sukses

Hujan Lebat Diprediksi Guyur Sebagian Sulteng saat Malam Tahun Baru

Liputan6.com, Kendari - Sebagian wilayah Sulawesi Tenggara berpotensi menghadapi hujan pada Selasa sore hingga malam menjelang Tahun Baru 2020 menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kendari.

Petugas BMKG Kendari Adi Istiyono mengatakan, pada pagi hari hujan sedang berpotensi turun di wilayah Wakatobi.

"Siang dan sore harinya, hujan dengan intensitas sedang berpeluang turun di wilayah Bombana, Kota Kendari, Kolaka, Kolaka Timur, Konawe, Konawe Utara, Wakatobi, dan Konawe Selatan," katanya, Selasa (31/12/2019).

Sedangkan wilayah Kabupaten Konawe Kepulauan dan Kolaka Utara menurut prakiraan menghadapi hujan ringan dan wilayah Kota Baubau, Muna Barat, Muna, Buton Utara, Buton, dan Buton Selatan menghadapi hujan lokal.

Malam harinya, menurut Adi, hujan ringan berpotensi turun di wilayah Kolaka Utara, Kolaka, Konawe Utara, Konawe, Kolaka Timur, dan Konawe Selatan.

Pada Rabu (1/1/2020) dini hari hujan sedang berpotensi turun di wilayah Wakatobi, Buton, dan Buton Selatan.

Suhu udara di wilayah Sulawesi Tenggara diprakirakan 24-33 derajat Celsius dengan kelembaban udara antara 65-95 persen.

Adi menghimbau pengguna jasa angkutan laut waspada menjelang sore hari karena gelombang tinggi dan angin kencang disertai petir berpotensi terjadi beberapa hari terakhir.

"Biasanya pada waktu-waktu tertentu itu masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai guntur dan angin kencang pada pukul 02.50 Wita," katanya dilansir Antara.

Ia menambahkan, wilayah yang berpotensi menghadapi hujan disertai angin kencang dan petir meliputi kota lama Kendari; Samaturu, Mundulako, Baula, dan Pomalaa di Kolaka; Lambai dan Ranteangin di Kolaka Utara; Lainea, Kolono, Kolono Timur, dan Laonti di Konawe Selatan, dan Soropia di Kabupaten Konawe.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Burung Hingga Cacing, 6 Fenomena Hewan Jatuh dari Langit Seperti Hujan
Artikel Selanjutnya
Mau Tetap Bisa Bekerja Produktif di Musim Hujan? Ikuti Tips Berikut