Sukses

Menyusuri Pagi di Pasir Putih Pantai Batu Kalang

Liputan6.com, Padang - Pantai berpasir putih dengan air biru dan batu-batu besar identik dengan Bangka Belitung lantaran menjadi latar film Laskar Pelangi. Tetapi, rupanya Sumatera Barat pun memiliki pantai yang nyaris serupa.

Namanya Pantai Batu Kalang. Bahkan, pantai ini tak hanya bertaburkan bebatuan melainkan dilengkapi hamparan mangrove.

Tempat ini cocok untuk bersantai dan menikmati libur akhir pekan. Terlebih jika bisa menikmati sejuknya pagi di pantai psir putih ini.

Liputan6.com beberapa waktu lalu berkesempatan mengunjungi pantai ini. Terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, jalurnya searah dengan kawasan Mandeh yang sudah terkenal keindahannya.

Sepanjang perjalanan di beberapa titik terlihat aktivitas nelayan yang baru pulang atau akan berangkat melaut. Pemandangan yang cukup langka bagi orang yang tidak tinggal di daerah pesisir.

Liburan ke Pantai Batu Kalang tidak perlu merogoh kocek yang dalam-dalam. Cocok sekali saat ingin piknik pada akhir bulan, tatkala dompet menipis.

Pengunjung pantai berpasir putih ini hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp2.000. Di sana juga ada beberapa kedai kecil menjual makanan dan minuman di dekat pintu masuk dengan harga bersahabat.

Simak video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Melepas Kepenatan di Pantai Sepi

Setiba di Pantai Batu Kalang, wisawaan disambut pemandangan laut yang biru dan air nan jernih. Pantai ini juga dikelilingi batu-batu besar serta pohon mangrove akan memanjakan mata pengunjung.

Jika beruntung mengunjungi pantai ini saat air laut surut, maka keindahan tersebut akan terlihat dua kali lipat. Surutnya air memberikan kemudahan untuk dapat lebih menjelajahi keistimewaan Pantai Batu Kalang.

Dibandingkan destinasi wisata pantai atau pulau di Sumatera Barat, Pantai Batu Kalang relatif lebih sepi karena belum begitu populer seperti halnya Pantai Berlayar Belitung. Namun untuk menyegarkan pikiran setelah penat dari rutinitas harian, pantai ini sangat direkomendasikan.

Salah seorang wisatawan asal Kota Padang, Mutia (25) mengatakan jika datang ke Pantai Batu Kalang, jangan lupa membawa kamera atau telepon pintar yang memiliki kamera mumpuni untuk mengabadikan momen di pantai yang indah ini.

"Foto-foto di tempat ini akan menyegarkan timeline instagram," ucapnya.

Beberapa spot foto yang menarik di sana adalah sekitar bebatuan besar dengan latar belakang lautan berair biru dan di antara pohon-pohon bakau.