Sukses

Dampak Luar Biasa Erupsi Gunung Sinabung Sejak 2013

Liputan6.com, Medan - Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah mengatakan peristiwa bencana erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara yang telah berlangsung sejak tahun 2013 memberikan dampak merugikan bagi masyarakat. Saat ini, kondisi gunung api tersebut semakin aman.

"Kondisi saat ini sudah semakin aman dan mari kita doakan, bermohon kepada Allah SWT agar ke depannya lebih aman lagi," kata Fadhilah, dalam sambutan pada Bhakti Sosial dan Peletakan Batu Pertama Karya Bhakti Terpadu di wilayah Kodim 0205/TK, Senin, 21 Oktober 2019, dilansir Antara.

Menurut dia, sejak peristiwa erupsi Gunung Sinabung, TNI dan pemerintah, serta segenap komponen bangsa tidak pernah berhenti memberikan perhatian dalam penanganan dampak yang ditimbulkan.

"Kita tahu dampak yang terjadi telah menimbulkan kerugian yang tidak sedikit, berbagai sarana dan prasarana umum, permukiman, pendidikan, pertanian mengalami kerusakan, aktivitas kehidupan sehari-hari terganggu, bahkan menimbulkan korban jiwa," ujar Fadhilah.

Ia mengatakan, pada kesempatan yang baik ini, dia mengajak semuanya untuk terus bangkit, bersama-sama membangun dan menyelesaikan persoalan yang ada tahap demi tahap. Kali ini TNI hadir bersama-sama dengan pemerintah daerah melalui kegiatan Karya Bhakti Terpadu.

Pangdam juga berterima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara, BPBD Provinsi Sumut dan segenap panitia atas upaya dan kerja sama yang telah dilanjutkan, sehingga acara pembukaan Karya Bhakti TNI Terpadu dapat terselenggara dengan baik.

"Karya Bhakti TNI Terpadu yang kita laksanakan ini merupakan bentuk kerja sama antara TNI dengan pemerintah daerah dengan menggabungkan program Karya Bhakti TNI dengan program rehabilitasi dampak erupsi Gunung Sinabung yang merupakan program BPBD Provinsi Sumut," kata mantan Kapuspen TNI itu.

Turut hadir pada acara tersebut, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid, Danrem 023/KS, Danlanud Soewondo Medan, Irdam I/BB, Bupati Karo, Dandim 0205/TK, Ketua BPBD Sumut, dan Ketua DPRD Karo.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading