Sukses

Pelajar di Gorontalo Gelar Salat Gaib untuk Mendiang BJ Habibie

Liputan6.com, Gorontalo - Pemerintah provinsi Gorontalo mengelar doa dan tahlilan atas meninggalnya BJ Habibie, pada Rabu (11/09/2019). Usai menerima kabar meninggalnya presiden ketiga Indonesia itu, para pejabat dan sejumlah masyarakat mendatangi rumah dinas Gubernur Gorontalo selepas Isya untuk melakukan doa bersama. Doa dan tahlilan dipimpin langsung Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim.  

"Saya atas nama pemerintah dan masyarakat menyampaikan turut belasungkawa, duka cita yang mendalam atas meninggalnya beliau," Kata Idris Rahim.

Menurutnya, BJ Habibie tidak hanya dicintai masyarakat Gorontalo tetapi juga oleh rakyat Indonesia bahkan masyarakat internasional.

"Sehingga itu pada malam ini, kami mengadakan tahlilan. Agar supaya almarhum mendapatkan tempat yang layak disisiNya," ujar Idris.

Sementara itu, Penjabat Sekda Provinsi Gorontalo Syukri Botutihe mengungkapkan pihaknya akan mengelar pengajian di rumah dinas Gubernur hingga hari ketujuh wafatnya BJ Habibie.

BJ Habibie menurut Syukri selama ini memang memiliki hubungan emosional dengan Gorontalo. Ayah BJ Habibie, Alwi Abdul Jalil Habibie merupakan putra asal Gorontalo. Rusli Habibie yang saat ini menjabat Gubernur Gorontalo juga diketahui merupakan keponakan dari BJ Habibie.

"Oleh sebab itu, khusus masyarakat Gorontalo diharapkan mari berdoa dan kalau berkenan, mari kita salat gaib untuk beliau," imbaunya.

 

2 dari 3 halaman

Salat Gaib untuk BJ Habibie

Sementara itu, ratusan siswa SD AL Islah Gorontalo menggelar salat gaib atas wafatnya BJ Habibie. Salat gaib dilaksanakan di halaman sekolah sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai, Kamis (12/9/2019). Para siswa maupun guru tampak larut mendoakan kepergian BJ Habibie.

Kepala Sekolah SD Al Islah, Herlis Setiawan Karim mengatakan, kegiatan itu digelar untuk mengenang dan mendoakan kepergian BJ Habibie.

Menurutnya BJ Habibie merupakan tokoh pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya banyak menginspirasi generasi muda. Presiden ke-3 RI itupun dinilai memiliki jasa yang sangat besar dalam pembangunan di Indonesia.

"Kami berharap, seluruh siswa kami turut mendoakan almarhum. Semoga beliau diterima di sisi Allah SWT dan motivasi serta inspirasi dari BJ Habibie tetap dikenang oleh para siswa," kata Herlis.

Selain mengelar salat gaib, para siswa juga mengelar upacara dan menaikkan bendera setengah tiang sebagai tanda duka cita.

BJ Habibie memiliki hubungan emosional dengan Gorontalo. Ada rumah peninggalan sang kakek yang berada di Tamalate, kota Gorontalo. Di rumah itu, BJ Habibie kecil menjalani proses khitanan.

"Meski sepupu, saya memanggilnya Om Rudy, karena perbedaan umur kami cukup jauh," kata Rusli Habibie.

 

3 dari 3 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Wacana Nama Bandara BJ Habibie, Ridwan Kamil: Masih Dengar Masukan Masyarakat
Artikel Selanjutnya
Mengenal Sosok BJ Habibie dan Ainun dari Tangan Kanannya