Sukses

Kapolda Jamin Keamanan Warga Papua di Jawa Barat

Polda Jabar siap memberikan rasa aman bagi seluruh warga Papua yang berada di Jawa Barat

Liputan6.com, Garut - Untuk menghindari meluasnya kerusuhan Papua, Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Polisi Rudy Sufahriadi memberikan garansi keamanan warga Papua yang berada di wilayah hukum Jawa Barat.

"Saya jamin keamanannya, kalau ada apa-apa komunikasikan dengan kami saja, saya dengan panglima Pangdam 3 Siliwangi, sama-sama menjaga masyarakat Papua yang ada di Jawa Barat," ujarnya di Mapolres Garut, Selasa (20/8/2019).

Menurutnya kerusuhan Papua, yang terjadi dalam dua hari ini diharapkan tidak berdampak luas, termasuk bagi mereka yang berada di Jawa Barat. “Insyaalloh Jawa Barat Kondusif,” kata dia.

Sebelum meletusnya kerusakan, Polda Jabar telah lebih dulu membuat mengangkat tema Papua dalam perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia, beberapa waktu lalu.

"Saya, Pangdam 3 Siliwangi, gubernur, para pejabat yang lain Kejati, dan Pengadilan Tinggi, kita menari sajojo, dengan masyarakat Papua yang ada di Jawa Barat," ujarnya.

Untuk itu, lembaganya meminta agar, masyarakat Jawa Barat termasuk warga Papua yang berada di tatar sunda, tidak mudah terhasut adanya ajakan kekerasan untuk memperkeruh suasana. "Jawa Barat aman," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.