Sukses

Akhir Cerita Robi Anjal, Pria Mati yang Hidup Lagi

Kebohongannya dibongkar Anggota Babinsa dan Babinkamtibmas.

Liputan6.com, Sampang Bersimpuh di hadapan KH Faurok Alawi, Robi Anjal dengan berurai air mata menyampaikan permohonan maaf. Sambil membaca secarik surat pernyataan, pemuda 38 tahun itu mengaku menyesal telah berpura-pura mati sehingga nama Pondok Pesantren Attaroqi Karongan ikut tercoreng.

Adegan ini menjadi akhir dari kisah 'orang mati hidup lagi' yang menghebohkan warga Kabupaten Sampang, di mana Robi Anjal adalah aktornya. Maaf sang kiai juga membuat pemuda asal Mempawah, Kalimantan Timur itu tak jadi masuk bui.

Pesantren Attaroqi didirikan KH Alawi Muhammad, ulama asal Sampang yang terkenal karena menentang Orde Baru. Di pesantren itu, Robi Anjal pura-pura mati kemudian hidup lagi pada Jumat malam, 26 Juli 2019, lalu.

Video berdurasi 4,15 menit itu dimulai dengan kedatangan sebuah ambulans berisi jenazah pria bernama asli Herli Robiyanto. Ratusan santri meriung dan merekam saat jenazah diturunkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aneka Kejanggalan

Menurut Sayati, istrinya, Robi telah meninggal empat hari lalu dan berwasiat ingin dikubur di dekat makam Kiai Alawi. Namun, ketika diturunkan dari ambulans kondisinya tak dikafani layaknya jenazah pada umumnya. Ia hanya bertutup selimut setengah badan. Lubang hidung dan telinga juga tak disumbat kapas.

Ketika hendak disalatkan, jenazah yang terbaring itu tiba-tiba terperanjat hingga jatuh ke lantai. Para santri yang menyaksikan itu kaget lalu menjauh.

Adegan selanjutnya, Robi yang bangkit dari kematian, dikerubuti para santri yang terheran-heran, "Bagaimana bisa orang yang sudah mati hidup lagi?". Robi kemudian didudukkan ke tanah, diberi minum dan dia pun tersenyum. Si istri menyiram kepala dan membasuh wajahnya dengan air. Video itu pun berakhir.

Seumpama sinetron, plot cerita dan akting Robi tak sempurna sehingga anggota Babinsa dan Babinkamtibmas yang menyaksikan peristiwa itu justru menjadi curiga. Mereka lantas mengecek identitas keluarga Robi termasuk mengecek telepon genggam istri Robi.

Dari gawai itulah, jejak digital mengungkap fakta lain. Polisi menemukan beberapa foto swafoto Robi dan istri di Malang sehari sebelum meninggal. Fakta itu tak sesuai cerita istrinya bahwa Robi telah meninggal empat hari yang lalu. Karena banyak yang janggal, pria gondrong itu pun dibawa ke Mapolres.

3 dari 3 halaman

Sedang Mengamalkan Ilmu Spiritual

Kepada penyidik Robi mengaku sedang mendalami ilmu spiritual. Namun, ia tak bisa berkelit lagi, bayangan penjara membuatnya jujur. Ia pun meminta maaf kepada para kiai Pondok Pesantren Attaroqi KH Fauroq Alawi LC dan KH Mawardi, serta KH Juwini Alawi.

"Sehubungan dengan peristiwa pada Jumat 26 Juli 2019 kemarin saya yang berpura-pura meninggal dunia lalu hidup kembali sehingga membuat masyarakat resah dan mencemarkan nama baik pondok, maka saya beribu-ribu maaf dan sedalam-dalamnya memohon maaf kepada pihak pondok dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan dimaksud serta apabila mengulangi maka sanggup dituntut hukum yang berlaku," kata Robi membacakan surat pernyataan dihadapkan KH Fauroq Alawi.

Kiai Faurok menerima permintaan maaf itu dengan dua syarat yaitu tidak mengulangi lagi dan "Saya minta juga dipotong rambutnya, semoga tidak terulang kembali dan semoga ada hikmah di balik ini," ujar dia, Senin (29/7) lalu. 

Dengan maaf itu, Kasubag Humas Polres Sampang Ipda Eko Puji Waluyo mengatakan peristiwa yang menghebohkan masyarakat itu sudah berakhir. Pasutri itu pun dipulangkan ke Kalimantan Timur.

"Sudah meminta maaf atas kekhilafan yang dilakukan Robi kepada pihak pondok dan pengaduan sudah dicabut sehingga dipulangkan," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.