Sukses

Perjuangan Tim Damkar Banyuasin, 11 Jam Padamkan Api di Kompleks Pergudangan

Liputan6.com, Banyuasin - Komplek Pergudangan di Kelurahan Gasing Kabupaten Banyuasin dilanda kebakaran hebat pada Jumat, 31 Mei 2019 dan baru bisa dipadamkan Sabtu dini hari. Besarnya api membuat warga sekitar panik.

Kabid Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Banyuasin, Suparman, mengatakan api muncul pertama kali dari gudang plastik PT Timur Jaya sekitar pukul 15.00 WIB. Material isi gudang yang mudah terbakar menyebabkan api cepat menyambar ke gudang-gudang lain.

"Dugaan sementara api dari korsleting listrik, tadi PLN sudah memutuskan sambungan listrik seluruh bagian pabrik," ujar Suparman di sela-sela pemadaman.

Menurut dia, petugas cukup kesulitan memadamkan api karena embusan angin kencang dan material yang di dalam gudang mudah terbakar. Selain itu, juga karena terbatasnya jumlah armada.

Setidaknya tujuh mobil pemadam kebakaran dari Pos Sungai Dua, Banyuasin, Talang Kramat dan Kota Palembang dikerahkan. Tim pemadam kebakaran harus berjibaku memadamkan api hampir 11 jam lamanya.

Pintu gudang sempat terkunci dari dalam sehingga memaksa petugas menjebol pintu agar bisa merangsek ke sumber api, beruntungnya tidak ada korban jiwa pada tragedi itu.

"Cuma kerugian materil saja, nanti kami minta keterangan lagi dari pemilik gudang," lanjutnya.

Selain melalap gudang PT Timur Jaya, api juga merembet ke gudang PT Prima Star, PT Elektronik, PT Biotara Pupuk dan dua gudang belum diketahui. Sementara, kerugian ditaksir mencapai puluhan miliar rupiah.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mendalami Kesaksian Warga Terkait Pos Polisi Terbakar di Solo
Artikel Selanjutnya
Pos Polisi Terbakar di Solo