Sukses

Kapal Angkatan Laut Australia Bersandar di Makassar, Ada Apa?

Liputan6.com, Makassar - Kapal pemasok bahan bakar, makanan, amunisi dan lain-lain untuk kapal tempur AL Australia, HMAS Success, bersandar di Pelabuhan Hatta, Makassar.

"Berlabuhnya kapal ini di Makassar merupakan rangkaian kunjungan dari Proram Indo-Pasific Endeavour 2019 (IPE 10) dengan mengujungi tujuh negara," kata Commanding Officer of HMAS Success, Captain Darren Grogan didampingi Konjen Australia, Richard Mathews dikutip Antara, Senin (20/5/2019).

Program IPE 19 mencakup berbagai kegiatan termasuk perencanaan penanganan bantuan bencana, manuver angkatan laut antar beberapa negara dan serial pelatihan dengan mitra pasukan keamanan.

Grogan mengatakan, kapal dengan 120 kru ini sudah bertolak dari Australia sejak Maret 2019 untuk mengunjungi enam negara yakni Sri Langka, India, Thailand, Malaysia, Vietnam, dan Singapura. Sedang negara ketujuh yang dikunjungi adalah Indonesia.

Pada kunjungan di Indonesia, lanjut dia, terdapat tiga kapal AL Australia, dua di antaranya bersandar di Jakarta dan satu kapal di Makassar.

Sementara itu, Konjen Australia di Makassar, Mathews mengatakan, selama tiga hari berlabuh di Makassar capten kapal dan kru akan bertemu dan membahas kerja sama kemanusiaan dengan pihak Lantamal VI Makassar dan juga pejabat Muspida di daerah ini.

"Kunjungan HMAS Success ke Makassar penting untuk memperkuat hubungan pertahanan Australia dengan Angkatan Pertahanan Indonesia di Sulsel," katanya.

Kapal yang terbuka untuk dikunjungi ini, lanjut dia, akan menyosialisasikan fasilitas kapal Australia yang sudah beroperasi 33 tahun terakhir. Seusai kunjungan di Makassar, kapal akan bertolak kembali ke Australia dan selanjutnya kapal itu akan dinonaktifkan.

Terkait kunjungan HMAS Success di Makassar, Dansatrol Lantamal VI Kolonel Laut (P) Viktor PY Siagian mengatakan, pihaknya menyambut baik kedatangan Captain dan kru kapal tempur AL Australia itu, serta siap mengawal dan memberikan layanan terbaik selaku tuan rumah.

"Selama di sini, kapal Australia dan kapal kita akan latihan bersama, juga buka puasa bersama dengan pejabat pemerintah di Makassar," katanya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Umat Hindu Bagi-Bagi Takjil Kepada Warga Muslim Makassar
Artikel Selanjutnya
Sebar Provokasi Lewat Ajakan People Power, Pegawai Dinsos Sulsel Ditangkap