Sukses

Video Viral Meteor Jatuh di Probolinggo, Ternyata Kejadian Lama di Brasil

Liputan6.com, Probolinggo - Video viral yang menunjukkan benda bercahaya mirip meteor jatuh menjadi perbincangan warganet. Fenomena di video tersebut dikabarkan oleh sejumlah media ditemui di wilayah Probolinggo Jawa Timur.

Namun kenyataan sebenarnya, fenomena dalam video tersebut terjadi di Buenos Aires, Brasil.

Video berdurasi pendek tersebut diunggah dan menjadi perbincangan warganet bahkan beberapa media online lokal dan nasional ternama langsung mengutipnya serta turut mengunggahnya ke laman mereka.

Dian Yudha Risdianto, Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN Watu Kosek, Kejapanan, Gempol, Kabupaten Pasuruan mengatakan, video viral tersebut merupakan peristiwa yang terekam di Buenos Aires dan diunggah melalui akun Instagram @skytravelcr.

"(Itu) video lama. Saya pernah lihat pernah diposting. Di luar negeri," ujar Dian, Selasa (7/5/2019).

Menurutnya, pihaknya tidak membantah jika memang pada kisaran tanggal 6 dan 7 Mei terjadi hujan meteor Eta Aquarids. Namun, dipastikan tidak seperti yang terlihat di video viral tersebut.

Dia juga membenarkan jika warga bisa menyaksikan langsung fenomena hujan meteor namun kondisinya tidak seperti yang terlihat di video yang diviralkan netizen dan terjadi di Probolinggo.

Sebelumnya, ramai diperbincangkan sejumlah warga di Probolinggo melihat adanya meteor yang melintas di langit seusai terawih.

Tak berselang lama, video viral dari netizen yang dikabarkan berasal dari Probolinggo. Padahal peristiwa jatuhnya benda diduga meteor itu unggahan lama pada 22 April 2019 lalu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Viral Video Bocah Tahan Kantuk Saat Mengaji, Kasian tapi Bikin Ngakak
Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: Video Kelulusan Ala Diskotek Pelajar Tana Toraja Viral