Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Kisah Ini Bikin Pendaki Ingin Menapaki Kaki di Rinjani

Top 3 berita hari ini, Puncak Gunung Rinjani juga diyakini sebagai tempat bersemayan ratu jin, penguasa Rinjani yang bernama Dewi Anjani. Dalam mitologi Sasak, Dewi Anjani laksana ibu yang menurunkan Suku Sasak.

Liputan6.com, Mataram - Top 3 berita hari ini, siapa yang tak kenal Gunung Rinjani. Bagi para pendaki, gunung  yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ini menjadi salah satu destinasi favorit karena terkenal dengan pemandangan alamnya yang eksotis.

Bagi suku Sasak yang mayoritas beragama Islam, Gunung Rinjani memilki nilai-nilai spiritual Mereka pun percaya bahwa Suku Sasak berasal dari sana dan menjadi pusat peradaban.

Puncak Gunung Rinjani juga diyakini sebagai tempat bersemayan ratu jin, penguasa Rinjani yang bernama Dewi Anjani. Dalam mitologi Sasak, Dewi Anjani laksana ibu yang menurunkan Suku Sasak. 

Sementara itu, per tanggal 1 Desember 2018, Pemkot Bogor, resmi melarang penggunaan kantong plastik di ritel modern dan pusat-pusat perbelanjaan.

Menurut Wali Kota Bima Arya, warga bisa mencari alternatif lain sebagai pengganti plastik saat berbelanja. Ada tas belanja dari serat singkong, dan daur ulang.

Untuk mendapatkannya, dijual di berbagai swalayan yang tersebar di Bogor dengan harga relatif murah.

 

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini: 

1. Kisah Gunung Rinjani dan Sasak, Pesan Nabi Adam kepada Ratu Anjani 

Foto: Dok. Tim Ekpedisi 7 Summits in 100 Days.

Gunung Rinjani menjadi pusar bumi pulau yang dahulunya disebut Sunda Kecil karena posisinya yang berada tepat di tengah Pulau Lombok atau 'ibunya' Suku Sasak.

Sehingga tidaklah mengherankan keberadaannya memiliki nilai spiritualitas tersendiri bagi Suku Sasak, dan sampai sekarang masih dihormati serta dijaga Suku Sasak. Mereka percaya bahwa Suku Sasak berasal dari sana dan juga menjadi pusat peradaban.

Dilansir Antara, penamaan Gunung Rinjani tidak terlepas dari Dewi Anjani, ibunya Hanoman yang dituturkan dalam berbagai versi penganut Islam di Lombok Barat maupun versi yang dituangkan dalam sejumlah naskah kuno berbahasa Sasak.

Selengkapnya... 

2. Empat Kota Resmi Melarang Kantong Plastik, Jakarta?

Ilustrasi Kantong Plastik. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)

Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, resmi melarang penyediaan kantong plastik di ritel modern dan pusat perbelanjaan terhitung mulai 1 Desember 2018.

Kebijakan larangan penggunaan kantong plastik di ritel modern dan pusat perbelanjaan itu diatur dalam Peraturan Wali Kota Nomor 61 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong plastik.

Menurut Bima, Perwali tersebut telah disosialisasikan berbulan-bulan yang lalu, dan kini mulai diterapkan tahap awal di ritel modern dan pusat perbelanjaan.

Selengkapnya.. 

3. Akrobat Bocah Melompat dari Jembatan Gentala Arasy yang Bikin Histeris

Jembatan Pedestrian dan Gentala Arasy adalah dua ikon baru di Kota Jambi. (Liputan6.com/B Santoso)

Sejumlah anak kecil berlarian di atas jembatan itu, namun kemudian memanjat pagar jembatan dengan tinggi sekitar 1,70 cm itu. Selanjutnya bocah itu berloncatan ke aliran Sungai Batanghari setinggi lebih dari 15 meter yang debitnya cukup tinggi pada musim penghujan.

Aksi tersebut mendapat aplaus dari teman-temannya yang berjejer di atas dermaga ponton di dekat kawasan Menara Gentala tersebut.

"Aksi itu memang menarik, tetapi saya pikir itu sangat berbahaya bagi anak seusia mereka. Sebaiknya aksi mereka dihentikan," kata Uki yang dilansir Antara.

Selengkapnya...

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.