Sukses

Cerita Ratusan Kios Pasar Sederhana Jadi Arang Usai Dilalap Api Semalam

Semua unit dikerahkan untuk memadamkan api di Pasar Sederhana Bandung. Petugas beberapa kali menyambung pipa dan mengisi ulang air. Sementara suasana cukup gelap mengingat listrik sedang dipadamkan.

Liputan6.com, Bandung - Kebakaran terjadi di Pasar Sederhana, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, sekitar pukul 21.40 WIB.

Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Ferdy Ligaswara mengatakan, dua area pasar luder terbakar api. Diperkirakan ada 300 kios yang hangus terbakar.

"Kami menerima laporan dari masyarakat pukul 21.40 WIB. Respon time kita di bawah 15 menit dan dari UPT terdekat 5 menit," kata Ferdi di lokasi kebakaran, Jumat 5 Oktober 2018.

Selain menurunkan 16 unit pancar, 3 unit komando, pihaknya dibantu Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk menanggulangi kebakaran.

"Yang terbakar adalah los A bagian atas dan bawah. Sumber api penyebab kebakaran pasar masih dalam tahap penyelidikan," ungkapnya.

Pihaknya membagi dalam tiga kelompok untuk memadamkan api. Grup pertama melakukan pemadaman mengingat bangunan di lantai satu 1 dan 2 tersambunf dan karakter kios mudah terbakar.

Setelah itu, tim kedua melakukan pemblokiran api. Sedangkan tim ketiga melakukan evakuasi barang yang masih bisa diselamatkan dan evakuasi nyawa.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, semua unit dikerahkan untuk memadamkan api. Petugas Diskar PB harus beberapa kali menyambung pipa dan mengisi ulang air. Sementara suasana cukup gelat mengingat listrik sedang dipadamkan.

"Sementara ini tidak ada korban," ucap Ferdy.

Saat ini, kata Ferdi, api sudah berhasil dijinakkan dan para petugas tengah melakukan pendinginan, khawatir api kembali membesar.

"Masih pendinginan, asap putih menandakan api telah over (hampir padam). Untuk penyebab masih dalam tahap penyelidikan kepolisian," katanya lagi.

Ia pun menyatakan tidak ada kendala dalam memadamkan api. Mengingat akses masuk ke pasar merupakan jalan besar dan hidran pun tidak terlalu jauh dari lokasi.

"Satu orang anggota kami tadi terkena pecahan. Untuk jumlah kios yang terbakar belum dapat kami sampaikan. Nanti mungkin dengan pihak PD Pasar," tuturnya.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.