Sukses

Si Jago Merah Lalap Belasan Rumah di Kelurahan Braga Bandung, Apa Penyebabnya?

Liputan6.com, Bandung - Sekurangnya 15 rumah di Jalan Tera, RT 02 RW 05, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, ludes terbakar, Senin (9/7/2018). Akibat kebakaran sekitar pukul 14.30 WIB itu, sebanyak tiga orang mengalami luka bakar dan ringan.

"Perkiran sementara dari bapak sekretaris RW 05 Bapak Jojo, 15 rumah yang terbakar. Sebanyak 27 kepala keluarga atau kurang lebih 84 jiwa," ucap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Ferdy Ligaswara dalam keterangan tertulis kepada Liputan6.com.

Untuk memadamkan si jago merah, tim Diskar PB Kota Bandung menurunkan 5 unit pancar UPT, 4 unit pancar mako pusat, 1 unit water tank pusat, 2 unit rescue, dan 2 unit komando.

Adapun korban, yaitu Siswandi (34) mengalami luka bakar pada bagian tangan dua lainnya mengalami luka ringan. Sedangkan satu warga bernama Popon (67) mengalami pingsan karena memiliki riwayat jantung saat kebakaran berlangsung.

"Semua korban dalam penanganan PMI Kota Bandung," Ferdy menerangkan.

Ferdy menjelaskan, penyebab sementara kebakaran terjadi dari rumah Siswandi. Sang pemilik rumah yang sedang menanak nasi kemudian kompor untuk memasak nasi tersenggol tikus dan jatuh menimpa selang kompor gas dan langsung muncul api.

"Api langsung membesar membakar dapur rumah dan tidak bisa dikendalikan, sehingga merambat ke rumah di sekitarnya," papar Ferdy sambil menambahkan taksiran kerugian hingga saat ini masih dalam penghitungan.

"Tindakan petugas yaitu melakukan penyelamatan, mengevakuasi orang dan benda dan pemadaman titik api. Serta melakukan penyekatan terhadap bangunanan di sekitarnya," kata Ferdy.

Adapun bangunan yang dapat diselamatkan dari kejadian tersebut, yaitu apartemen, gedung Arsip Pemprov Jabar, kafe dan rumah penduduk di sekitar lokasi kejadian. Sementara, penanganan kebakaran berakhir pada pukul 17.15 WIB.

Simak video pilihan berikut ini:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Kebakaran Kapal di Benoa Belum Bisa Dipadamkan
Artikel Selanjutnya
Usai Kebakaran, PNS Kemenhub Tetap Datang ke Kantor