Sukses

Nagari Lawang di Agam Jadi Kampung Inggris

Liputan6.com, Agam - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menetapkan Nagari Lawang, Kecamatan Matur sebagai Kampung Inggris dalam rangka meningkatkan kemampuan masyarakat setempat untuk menguasai bahasa asing tersebut.

Bupati Agam Indra Catri di Lubuk Basung, mengatakan penetapan kampung Inggris itu merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah di bidang pendidikan, terutama dalam penguasaan bahasa asing. Dipilihnya Nagari Lawang, Kabupaten Agam, sebagai kampung Inggris karena warganya memiliki semangat dan keinginan kuat untuk belajar bahasa Inggris.

Bupati dua periode itu berharap masyarakat belajar bahasa asing dengan sungguh-sungguh, tetapi tetap mempertahankan bahasa ibu agar bisa menjadi kebanggaan masyarakat.

"Saya tidak ingin gagasan ini layu sebelum berkembang. Untuk itu, belajarlah dengan sungguh-sungguh agar tujuan dari program ini tercapai," katanya.

 

 

1 dari 2 halaman

Bawa Guru dari Kendari

Ia menambahkan bahwa Kampung Inggris Nagari Lawang ini akan menjadi sebuah wadah bagi generasi muda untuk menambah kemampuan berbahasa Inggris. Kemampuan itu akan mereka gunakan dalam kehidupan dan mencari pekerjaan.

Kampung Inggris ini bukan ajang promosi wisata, melainkan industri otak bagi generasi muda untuk menyiapkan diri mampu berbahasa Inggris. "Saya sudah lama menginginkan membentuk Kampung Inggris ini agar generasi muda terus belajar," katanya.

Wali Nagari Lawang Jamal Mukhtar mengatakan bahwa berdirinya Kampung Inggris ini akan membantu masyarakat mengaplikasikan bahasa Inggris ke dalam bahasa sehari-hari. Sebelum terbentuknya kampung Inggris, anak-anak akan dibina oleh seorang guru Kampung Inggris asal Kediri selama 40 hari.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Bertandang ke Masjid Raya Al-Osmani, Masjid Pertama di Kota Medan
Artikel Selanjutnya
Bukan Gusur, Anies Akan Tata 21 Kampung Kumuh di Jakarta