Sukses

Tiket Kereta Gratis untuk Pelanggan Setia KAI, Apa Saja Syaratnya?

Liputan6.com, Purwokerto - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto menawarkan tarif khusus atau diskon untuk tempat duduk kosong atau idle seat dengan tarif khusus. Di waktu yang sama, PT KAI juga memiliki program tiket kereta gratis untuk para pelanggan setia.

Program yang ditawarkan berlaku pada semua kereta api komersial pemberangkatan dari Daop 5 Purwokerto dan mulai berlaku sejak 22 Februari 2018.

"Dengan program khusus ini diharapkan bisa lebih menarik minat masyarakat menggunakan transportasi kereta api," kata Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko, Kamis, 1 Maret 2018.

Namun, pelanggan harus siap berebut. Sebab, pembelian tarif khusus ini hanya bisa dilakukan dua jam sebelum jadwal keberangkatan kereta dan hanya dapat dibeli di loket stasiun.

Ixfan juga menjelaskan bahwa tarif khusus dan tiket kereta gratis juga tidak bisa direduksi, kecuali bagi penumpang anak usia di bawah 3 tahun (infant).

Tarif khusus juga tidak berlaku pada kereta api tambahan atau fakultatif serta kereta bersubsidi atau KA PSO, alias kereta ekonomi. Beberapa KA ekonomi yang berangkat dari Purwokerto adalah, Serayu, Kutojaya Selatan, dan KA Logawa.

Selain tarif khusus, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto juga memberikan loyalty programs (program kesetiaan) dengan tujuan memberi penghargaan kepada pelanggan yang rutin menggunakan layanan angkutan kereta api.

"Loyalty programs adalah pemberian tiket kereta gratis kepada penumpang dengan syarat-syarat tertentu," kata dia.

 

2 dari 3 halaman

Syarat Tiket Kereta Gratis

Beberapa syarat tiket gratis dalam loyalty programs adalah tiket adalah tiket kereta api komersial, tiket atas nama penumpang yang sama dengan yang mengajukan loyality program, tiket berlaku dengan relasi perjalanan stasiun awal sampai stasiun akhir dan atau parsial, searah maupun sebaliknya.

Syarat lainnya, pelanggan memiliki jumlah tiket yang pernah digunakan sesuai dengan yang ditetapkan PT KAI. Yakni, 20 tiket dengan rentang waktu 12 bulan atau 15 tiket dengan rentang waktu 6 bulan.

"Rentang waktu sebagaimana dimaksud pada angka 1 dan 2 dihitung mundur dari tanggal penukaran tiket," Ixfan menjelaskan.

Ketentuan lain untuk mendapatkan tiket gratis adalah, kereta yang akan dinaiki dengan tiket gratis sama dengan KA pada tiket yang telah dikumpulkan. Jika tiket yang dikumpulkan terdiri dari beberapa nama kereta yang berbeda, tiket gratis akan diberikan dengan relasi yang terpendek.

"Selain itu, tiket gratis tidak bisa dilakukan perubahan data ataupun perubahan jadwal. Silahkan segera menghubungi loket stasiun untuk mendapatkan tiket gratis," ucap Ixfan.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Kereta dan Jurusan Loyality Program

Berikut adalah nama kereta di Daop 5 Purwokerto dengan tarif khusus beserta relasinya:

1. Kutoarjo – Yogyakarta (pp) Rp 45.000,- (eksekutif), Rp 30.000,- (bisnis), Rp 25.000,- (ekonomi)

2. Kutoarjo – Lempuyangan (pp) Rp 25.000,- (ekonomi)

3. Kutoarjo – Solo (pp) Rp 75.000,- (eksekutif), Rp 55.000,- (bisnis)4. Kutoarjo – Purwosari (pp) Rp 45.000,- (ekonomi)

5. Purwokerto – Yogyakarta/Lempuyangan (pp) Rp 110.000,- (eksekutif), Rp 90.000,- (bisnis), Rp 65.000,- (ekonomi)

6. Purwokerto – Kutoarjo (pp) Rp 55.000,- (eksekutif), Rp 45.000,- (bisnis), Rp 35.000,- (ekonomi)

7. Purwokerto – Cilacap (pp) Rp 30.000,- (eksekutif), Rp 25.000,- (bisnis)

8. Purwokerto – Cirebon (pp) Rp 65.000,- (eksekutif), Rp 45.000,- (bisnis)

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Kisah Perjuangan Nila, Anak Tukang Jamu yang Jadi Dokter
Artikel Selanjutnya
Yuk, Cek Kesehatan Gratis untuk Penumpang KA di Stasiun