Sukses

Teror Ular Lewat Dinding dan Atap Rumah Warga Bali

Penghuni rumah di Bali ini beberapa kali kejatuhan ular saat tidur.

Klungkung - Ngurah Wijaya (50) adalah pemulung yang tinggal di Dusun Sari Merta, Klungkung, Bali. Dengan penghasilan tidak menentu, keluarganya hidup serba pas-pasan.

Saking kecilnya pendapatan ayah dua orang anak itu dari memulung, mereka terpaksa tidur di kamar dengan tembok yang berlubang dan tidak jarang dimasuki ular.

Ditemui di rumahnya yang sederhana, Wijaya menuturkan, dengan gangguan pendengaran yang dideritanya serta tidak primanya kondisi fisik, dia harus puas dengan pekerjaannya sebagai pemulung.

Tidak banyak uang yang bisa dia peroleh dari profesinya tersebut. Untuk itu, dia dan keluarga kecilnya harus pintar-pintar menggunakan uang.

"Per hari paling banyak dapat Rp 50 ribu. Biasanya istri saya juga bantu memulung," katanya.

Memiliki dua anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dan SMA, menurutnya, penghasilannya tersebut lebih terfokus untuk kebutuhan sekolah dan makan.

Karena itu, meski tembok rumahnya mulai bolong dimakan usia, dan genting-gentingnya juga mulai bocor, dia mengaku tidak bisa berbuat banyak.

"Saat tidur, tiba-tiba ada ular jatuh dari atas. Kepala anak saya juga pernah dijatuhin ular," tutur Ngurah Wijaya.

Baca berita menarik JawaPos.com lainnya di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nasib Keluarga Pemetik Kelapa

Masih berada di pekarangan rumah yang sama, rumah miliki I Gusti Ngurah Suartana juga tidak kalah memprihatinkan. Bekerja sebagai pemetik kelapa, penghasilan Suartana tak jauh beda dengan Wijaya.

Biasanya sekali memetik kelapa, dia bisa mendapat upah sebesar Rp 50 ribu dari pemilik kelapa.

"Tapi tidak setiap hari ada orang nyuruh memetik kelapa. Seminggu kadang dua kali, kadang juga tidak ada," ujarnya.

Dengan kondisi keuangan seperti itu, dia mengaku tidak bisa berbuat apa dengan rumahnya yang kian hari kian menua.

Itu bisa dilihat dari dari retakan di sejumlah dinding, serta bocor di beberapa genting. Meski begitu, dia terpaksa tetap tinggal dan tidur di rumah yang sewaktu-waktu bisa roboh itu.

"Rasa takut ada, tapi mau bagaimana. Saya tidak punya apa," kata Suartana.

Melihat kondisi warganya yang serba terbatas, Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta meminta Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung untuk menindaklanjuti.

"Ini harus dipercepat karena ini sudah tidak layak untuk dihuni. Tidur ditemani ular, itu sudah tidak etis dari sisi kemanusiaan. Kami berharap Dinas Sosial bisa lebih jeli untuk mengecek keadaan RTM (rumah tangga miskin)," kata Wabup.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.