Sukses

6 Kegiatan Seru Patut Dicoba di Saung Angklung Udjo

Liputan6.com, Bandung – Selain terkenal dengan kegiatan belanja dan kuliner, Kota Bandung juga menawarkan objek wisata budaya yang yang dikemas secara unik. Salah satu objek wisata budaya itu adalah Saung Angklung Udjo (SAU).

SAU beralamat di Jalan Padasuka Nomor 118. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Bandung. Lokasinya sangat mudah dijangkau jika Anda mengendarai kendaraan pribadi.

Bila Anda berasal dari Jakarta, tinggal keluar dari pintu Tol Pasteur menuju arah Jalan PHH Mustofa setelah melewati jalan layang. Kemudian, perhatikan petunjuk jalan menuju SAU di ujung Jalan Padasuka. Jarak dari jalan raya ke SAU hanya sekitar 500 meter.

Namun, bila Anda pengguna setia angkutan kota, dari Surapati naik angkot 06 rute Cicaheum-Ciroyom ke arah Cicaheum. Anda tinggal turun di perempatan Padasuka dan bisa berjalan kaki menuju lokasi atau dengan naik ojek.

SAU merupakan tujuan wisata budaya yang lengkap. Di sana, ada arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu, dan workshop untuk alat musik bambu.

Didirikan sejak 1966, SAU tak hanya menjadi tujuan wisata bagi warga setempat, tetapi juga tujuan para wisatawan mancanegara. Jadi, tidak heran jika di SAU sering ditemui para turis asing.

Liputan6.com merangkum enam kegiatan seru yang dapat dilakukan di SAU sebagai berikut.

1. Menonton Pertunjukan Seni

Keistimewaan SAU terletak pada pertunjukan seni yang ditampilkan mereka setiap hari. Biasanya, pertunjukan dimulai pukul 15.30-17.30 WIB. Pertunjukan yang dapat Anda saksikan di SAU di antaranya demonstrasi wayang golek, helaran, tari topeng, angklung orkestra hingga bermain angklung bersama dan menari bersama.

2. Belajar Membuat Angklung

Sebagai pusat produksi angklung, pengunjung bisa melihat keseluruhan dari proses pembuatan angklung tersebut. Anda akan melihat langsung bagaimana mengubah sebatang bambu menjadi sebuah tabung yang dapat menghasilkan suara yang luar biasa.

Tak hanya warga lokal, bule juga suka bertandang ke Saung Angklung Udjo. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

3. Workshop Angklung

SAU juga menawarkan program yang memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk membuat angklung sendiri dan akan dimainkan dalam pertunjukan bambu serta dapat dibawa pulang sebagai cendera mata.

4. Tinggal di Guest House

Jika Anda ingin berlama-lama di sana bersama keluarga, SAU memiliki fasilitas guest house atau penginapan. Anda bisa menginap atau bermalam di sini yang ingin menikmati suasana budaya Sunda yang eksotis.

5. Membeli Cendera mata Khas SAU

Tidak lengkap jika berkunjung ke SAU tanpa membawa oleh-oleh. Di toko suvenir SAU, Anda bisa membeli oleh-oleh atau cendera mata berupa berbagai macam kerajinan tangan seperti wayang golek, gantungan kunci, serta alat musik tradisional.

6. Menikmati Suasana Kampung Sunda

Selain mengasah seni tradisional Sunda di SAU terdapat taman belakang yang menyenangkan. Tempat ini menjadi salah satu tempat alternatif bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana kampung Sunda.

Setelah berkeliling SAU, pengunjung akan dimanjakan dengan kuliner khas Sunda. Kantin dan kafe di SAU merupakan tempat makan dan beristirahat untuk para tamu.