Sukses

Jembatan Ambles, Jalur Alternatif 2 Kabupaten di Sumsel Terputus

Liputan6.com, Palembang - Salah satu aksesĀ jembatan di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel), terpaksa ditutup petugas kepolisian. Jembatan Enim Tiga yang menjadi tumpuan warga menuju kabupaten terdekat itu terputus akibat jalan ambles.

Kepala Kepolisian Resor Muara Enim AKBP Hendra Gunawan mengatakan aspal jalan di jembatan itu sudah lama mengalami keretakan.

"Biasanya jembatan ini menjadi salah satu akses warga Kabupaten Muara Enim untuk ke beberapa wilayah, seperti Kabupaten Lahat Sumsel," kata Hendra kepada Liputan6.com, Kamis, 23 Februari 2017.

Amblesnya jalan di jembatan itu baru diketahui sekitar Kamis siang. Diduga, jalan jembatan terputus karena terus-menerus dihantam air sungai yang berada di bawah jembatan.

Tidak ada korban jiwa saat jalan ambles dengan kedalaman 5 meter dan panjang sekitar 1 meter. Lokasi jembatan putus tersebut langsung ditutup dan dialihkan ke jalur utara.

Menurut dia, jalur tersebut sebelumnya sering digunakan para pengendara yang membawa truk bermuatan berlebih. Jembatan itu merupakan jalur alternatif yang dipilih pengendara truk agar tidak memasuki jalan protokol perkotaan Muara Enim.

Namun, sejak warga dan pengendara kendaraan mengetahui aspal jalan sudah retak, sudah tiga bulan terakhir jalur ini tidak digunakan lagi.

"Kalau sekarang, kendaraan berat boleh melewati jalur kota Muara Enim untuk pengalihan sementara," ujar Hendra.