Sukses

Tarik Pungli Kenaikan Pangkat Guru, PNS Manggarai Terjaring OTT

Dalam OTT pungli itu, uang tunai sejumlah Rp 4.580.000 turut disita.

Liputan6.com, Manggarai - SL (54), PNS di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO), Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) NTT terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Tim Saber Pungli Polres Manggarai Barat pada Kamis, 3 November 2016, sekitar pukul 11.00 Wita.

Di tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan uang tunai sebesar Rp. 4.580.000. Diduga kuat, uang itu hasil pungutan liar dari para guru PNS yang mengurus kenaikan pangkat.

"Pelaku ditangkap saat operasi tangkap tangan oleh tim Saber Pungli Res Mabar. Pelaku berstatus PNS pada bagian umum Dinas PPO," ujar Kabid Humas Polda NTT, AKBP Jules Abraham Abast kepada Liputan6.com, Kamis, 3 November 2016.

Setelah melakukan OTT di ruangan bagian umum, lanjut Jules, polisi kemudian melanjutkan penggeledahan di ruang bagian umum lainnya yang juga merupakan tempat penerimaan berkas usulan kenaikan pangkat para guru.

"Dari hasil olah TKP personel gabungan di lapangan berhasil mengamankan barang bukti berupa, uang tunai untuk keperluan pengurusan kenaikan pangkat para guru sebesar Rp. 4.580.000, berkas-berkas usulan kenaikan pangkat para guru sebanyak 58 berkas serta buku register pegawai dan uang tunai dari rekening pelaku sebesar Rp 18.000.000 untuk pengurusan berkas daftar usul kenaikan pangkat (Dupak)," kata Jules.

Saat ini, pelaku dan staf bagian umum lainnya serta barang bukti diamankan di Mapolres Mabar dan sedang dalam proses penyidikan Satuan Reskrim Res Mabar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.