Sukses

11 Bus Demonstran 4 November Asal Sumatera Tiba di Merak

Petugas kepolisian memeriksa barang bawaan para demonstran tersebut untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 11 bus dengan sekitar 600 orang tiba di Pelabuhan Merak, Banten. Mereka akan menuju Jakarta untuk berdemonstrasi pada 4 November guna menuntut penuntasan kasus dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Dari sebelas bus massa itu, tujuh bus di antaranya berasal dari Sumsel dan empat bus dari Sumbar. Kita mengimbau supaya massa melakukan aksi demo dengan damai," kata Kapolsek Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak, AKP Thesyar Rhofadli, saat ditemui di kantornya, Kamis (3/11/2016).

Petugas kepolisian pun memeriksa barang bawaan para demonstran guna menghindari hal yang tak diinginkan. Selain itu, dengan santai, Thesyar pun berbincang dengan para massa aksi agar berdemonstrasi dengan damai di Jakarta, Jumat 4 November 2016.

"Kami juga memeriksa barang bawaan massa, untuk mengantisipasi beredarnya senjata tajam pada aksi demo di Jakarta besok," kata Thesyar.

Ormas-ormas yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) direncanakan akan berunjuk rasa pada Jumat 4 November 2016. Mereka menuntut penuntasan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Atas hal tersebut, sejumlah pihak melaporkan Ahok ke Bareskrim Polri. Saat ini, kasus itu masih diselidiki Polri dengan memeriksa beberapa saksi, termasuk Ahok yang sudah memberikan klarifikasi. Selain itu, Ahok juga telah menyampaikan permohonan maaf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini