Sukses

Seram, Ada Kuali Berisi Kerangka Manusia di Puskesmas Rembang

Temuan ini diawali ketika para buruh bangunan menggali tanah untuk fondasi kamar mandi sepekan lalu.

Liputan6.com, Rembang - Proyek renovasi Puskesmas II Kragan, Rembang, Jawa Tengah, tiba-tiba diselimuti nuansa horor. Buruh bangunan menemukan empat kuali atau tempayan di bagian belakang puskesmas yang ternyata berisi kerangka manusia dari masa lampau.

Temuan ini diawali ketika para buruh bangunan menggali tanah untuk fondasi kamar mandi, sepekan lalu. Saat menggali itulah, ujung cangkul mereka membentur sebuah benda keras.

Kuali berisi kerangka manusia. (Edhie Prayitno Ige/Liputan6.com)

Ketika mencoba digali lebih lanjut, terlihat ujung kuali kuno. Merasa takut dan karena secara fisik kuali tersebut sangat kuno, para buruh bangunan itu kemudian menghubungi seorang petugas Museum Plawangan Kragan.

Petugas museum, Junaedi, langsung menuju ke lokasi penemuan. Dibantu anaknya, Junaedi mengangkat kuali kuno itu. Ketika dilihat, isinya ternyata tulang manusia dari peradaban awal Masehi.

Menurut dia, para buruh takut lantaran salah satu di antara mereka ada yang mendadak pingsan saat membersihkan area itu.

"Barang temuan itu sementara kami amankan di Museum Plawangan disandingkan dengan penemuan-penemuan sebelumnya," kata Junaedi kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (10/8/2016).

Dia menyebutkan kerangka manusia itu memiliki karakter yang sama dengan puluhan kerangka yang ditemukan pada 1981. Meski tak ada data dan informasi resmi, Junaedi memperkirakan kerangka manusia ini merupakan peninggalan zaman Neolitikum alias batu muda.

"Apalagi lokasi ini diyakini dulu merupakan pemakaman peradaban kuno," kata Junaedi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini