Sukses

Sambut HUT Kemerdekaan RI, Ribuan Lampion Hiasi Makassar

Liputan6.com, Makassar - Seluruh perwakilan sekolah tingkat SD, SMP, hingga SMU larut dalam kegiatan gerak jalan yang dihiasi lampion di Makassar. Gerak jalan yang dibuka langsung oleh Wakil Walikota Makassar Syamsu Rizal di Lapangan Karebosi, Jalan Jenderal Ahmay Yani, Makassar sekitar pukul 19.30 Wita ini dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-70 RI yang puncaknya akan berlangsung 17 Agustus 2015.

Setiap perwakilan sekolah yang menjadi peserta gerak jalan ini menampilkan berbagai kreatifitasnya masing-masing. Di antaranya ada yang menampilkan marching band, pakaian adat dari seluruh provinsi, dan ada yang beratraksi dengan menampilkan tarian adat Makassar bernama tarian "Pepe Battu Ri Makka" atau api dari kota Mekkah. Dari semua penampilan tetap tak lupa dihiasi lampion.

Para peserta yang berasal dari berbagai pelajar se-Kota Makassar ini mengikuti gerak jalan, dari Lapangan Karebosi dan berakhir di rumah dinas Gubernur Sulawesi Selatan di Jalan Jenderal Sudirman Makassar.

Wakil Walikota Makassar Syamsu Rizal mengatakan, kegiatan gerak jalan dengan lampion ini, merupakan satu rangkaian kegiatan dari program Pemerintah Kota Makassar dalam menyambut perayaan HUT Kemerdekaan ke-70 RI yang dinamakan Program Sebelas Rasa.

"Tujuan kegiatan selain memperingati HUT Kemerdekaan RI semata, juga untuk menanamkan pada diri generasi muda untuk menumbuhkan rasa persatuan dan cinta pada negeri Indonesia sendiri, " tegas Syamsu.

Dibantu Sumur Bor

Sementara di Bengkulu, peringatan HUT Kemerdekaan ke-70 RI membawa berkah tersendiri bagi warga yang biasa beribadah di 5 masjid se-Kota Bengkulu. Melalui program Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Hadir Untuk Negeri, mereka mendapatkan bantuan pembuatan sumur bor.

Selain sumur bor, 5 lokasi yang sangat membutuhkan tambahan pasokan air bersih di Kota Bengkulu yaitu di Masjid Al Amin Kelurahan Lempuing, Masjid Ar Rahman Kelurahan Tanah Patah, di Rukun Tetangga (RT) IX Kelurahan Malabero, Belakang Unib Kelurahan Sungai Hitam, dan Kelurahan Kebun Tebeng yang juga dibantu pembangunan sanitasi air bersih dan MCK.

Corporate Secretary BNI Tribuana Tunggadewi mengungkapkan, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bersinergi dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk, menyelenggarakan serangkaian kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan ke-70 RI di Propinsi Bengkulu.

Kegiatan ini juga hasil kerja sama dengan pemerintah Provinsi Bengkulu. Aktivitas pertama dibuka dengan jalan sehat 8 kilometer dari Alun-alun Sport Center Bengkulu pada Minggu pagi, 16 Agustus 2015, bersama sekitar 4 ribu peserta.

Di tempat yang sama juga digelar pesta kuliner yang melibatkan pedagang kaki lima, dengan menu makanan lokal atau khas daerah setempat.

"Kemeriahan lomba-lomba khas 17-an, antara lain lomba tarik tambang, bakiak, panjat pinang, balap karung, lari kelereng, dan lomba-lomba lain yang diikuti oleh masyarakat Bengkulu, mewarnai di sore harinya," ujar Tribuana Tunggadewi di Bengkulu (15/8/2015)

"BNI dan Adhi Karya juga menggelar pasar murah bagi masyarakat yang membutuhkan dengan menyebarkan 2.058 paket sembako ke 3 lokasi, yaitu di Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, dan Kabupaten Bengkulu Tengah dengan harga yang relatif ringan

Dalam kegiatan ini, BNI juga turut mendukung 2 program unggulan Kementerian BUMN, yaitu "BUMN Mengajar" dan "Siswa Mengenal Nusantara". Dukungan diberikan dengan turut menyosialisasikan 2 program tersebut kepada masyarakat. Pada program "BUMN Mengajar" Direksi BNI juga akan turut mengajar di sekolah-sekolah yang ditunjuk Kementerian BUMN.

Program "Siswa Mengenal Nusantara" ini ditujukan bagi siswa SLTA kelas 2 se-Indonesia yang ingin mengenal provinsi atau daerah di luar tempat tinggalnya. Masing-masing provinsi akan dipilih 17 siswa, yang dapat meminta tujuan daerah yang ingin didatangi sesuai keinginannya. Panitia akan menyeleksi 17 siswa tersebut untuk mendapatkan kesempatan berlibur sambil belajar. (Rmn/Ali)

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS