Sukses

7 Pembahasan Kiamat dalam Alquran, Kapan Terjadinya?

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada yang tahu pasti kapan terjadinya kiamat. Namun, kedatangannya merupakan sebuah kepastian yang tidak boleh diragukan. Alquran sendiri pun tidak merinci kapan hari akhir itu terjadi.

Kewajiban mengimani kedatangan kiamat merupakan salah satu rukun Islam. Ada sejumlah ayat dalam Alquran yang membahas tentang kiamat. Pembahasan tersebut berada dalam banyak surah.

Setidaknya, Alquran menyiratkan perihal kiamat ini dalam 7 pembahasan yang berbeda. Pembahasan itu berada dalam sejumlah surah yang juga berbeda. Berikut rincian ayat-ayat Alquran yang membahas tentang terjadinya kiamat.

Pertama, pembahasan kiamat dalam surah An Nisa ayat 42. Allah menjelaskan bagaimana kondisi orang-orang kafir dan yang mendurhakai rasul di hari kiamat.

يَوۡمَٮِٕذٍ يَّوَدُّ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا وَعَصَوُا الرَّسُوۡلَ لَوۡ تُسَوّٰى بِهِمُ الۡاَرۡضُ ؕ وَلَا يَكۡتُمُوۡنَ اللّٰهَ حَدِيۡـثًا

"Di hari itu orang-orang kafir dan orang-orang yang mendurhakai rasul, ingin supaya mereka disama-ratakan dengan tanah, dan mereka tidak dapat menyembunyikan (dari Allah) sesuatu kejadianpun." (QS. An Nisa': 42)

Kedua, pembahasan kiamat dalam surah Al A’raf ayat 187. Pada ayat ini, Allah menegaskan bahwa pengetahuan tentang hari kiamat itu kepastian yang hanya dimiliki oleh Tuhan.

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

"Mereka menanyakan kepadamu tentang hari akhir: "Kapankah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang itu ada pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat bagi yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Tuhan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." (QS. Al A'raf: 187)

 

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Ketiga, pembahasan kiamat dalam surah Ghafir ayat 16. Pada ayat ini, Allah menjelaskan bahwa tidak ada tempat untuk bersembunyi saat kiamat.

يَوۡمَ هُمۡ بَارِزُوۡنَۖ لَا يَخۡفٰى عَلَى اللّٰهِ مِنۡهُمۡ شَىۡءٌ ؕ لِمَنِ الۡمُلۡكُ الۡيَوۡمَ ؕ لِلّٰهِ الۡوَاحِدِ الۡقَهَّارِ

"(Yaitu) hari (ketika) mereka keluar (dari kubur); tiada suatu pun dari keadaan mereka yang tersembunyi bagi Allah. (Lalu Allah berfirman): "Kepunyaan siapakah kerajaan pada hari ini?" Kepunyaan Allah Yang Maha Esa lagi Maha Mengalahkan." (QS. Ghafir: 16)

Keempat, pembahasan kiamat dalam surah Ghafir ayat 33. Allah menjelaskan bahwa saat kiamat terjadi, tidak ada yang akan menolong orang-orang yang sesat.

يَوۡمَ تُوَلُّوۡنَ مُدۡبِرِيۡنَۚ مَا لَكُمۡ مِّنَ اللّٰهِ مِنۡ عَاصِمٍۚ وَمَنۡ يُّضۡلِلِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنۡ هَادٍ

"(Yaitu) hari (ketika) kamu (lari) berpaling ke belakang, tidak ada bagimu seorang pun yang menyelamatkan kamu dari (azab) Allah, dan siapa yang disesatkan Allah, niscaya tidak ada baginya seorang pun yang akan memberi petunjuk." (QS. Gafir: 33)

Kelima, pembahasan kiamat dalam surah Asy Syura ayat 47. Allah menjelaskan bahwa saat kiamat, tidak ada yang bisa mendapat pertolongan kecuali dari-Nya.

اِسۡتَجِيۡبُوۡا لِرَبِّكُمۡ مِّنۡ قَبۡلِ اَنۡ يَّاۡتِىَ يَوۡمٌ لَّا مَرَدَّ لَهٗ مِنَ اللّٰهِؕ مَا لَكُمۡ مِّنۡ مَّلۡجَاٍ يَّوۡمَٮِٕذٍ وَّمَا لَكُمۡ مِّنۡ نَّكِيۡرٍ

"Patuhilah seruan Tuhanmu sebelum datang dari Allah suatu hari yang tidak dapat ditolak kedatangannya. Kamu tidak memperoleh tempat berlindung pada hari itu dan tidak (pula) dapat mengingkari (dosa-dosamu)." (QS. Asy Syura: 47)

 

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Keenam, pembahasan kiamat dalam surah Ad Dukhan ayat 41. Allah menerangkan bahwa saat kiamat, tidak ada yang mampu memberi pertolongan.

يَوۡمَ لَا يُغۡنِىۡ مَوۡلًى عَنۡ مَّوۡلًى شَيۡــًٔا وَّلَا هُمۡ يُنۡصَرُوۡنَۙ

"Yaitu hari yang seorang karib tidak dapat memberi manfaat kepada karibnya sedikitpun, dan mereka tidak akan mendapat pertolongan." (QS. Ad Dukhan: 41)

Ketujuh, pembahasan kiamat dalam surah An Najm ayat 57 hingga ayat 58. Allah menyatakan bahwa terjadinya hari akhir itu tidak ada yang tahu kecuali diri-Nya.

أزفت الآزفة لَيْسَ لَهَا مِن دُونِ ٱللَّهِ كَاشِفَةٌ

"Telah dekat terjadinya hari kiamat. Tidak ada yang akan menyatakan terjadinya hari itu selain Allah." (QS. An Najm: 57-58)

4 dari 4 halaman

Saksiakn Video Menarik Berikut Ini