Sukses

Gizi Seimbang, Kunci Tubuh Sehat Selama Puasa Ramadan

Jika ingin tubuh tetap sehat selama menjalani puasa Ramadan, kuncinya yakni dengan menerapkan gizi seimbang saat sahur dan berbuka.

Liputan6.com, Jakarta - Jika ingin tubuh tetap sehat selama menjalani puasa Ramadan, kuncinya yakni dengan menerapkan gizi seimbang saat sahur dan berbuka. Hanya saja pada praktiknya kerap terjadi kesalahan ketika kita memilih menu sahur atau buka puasa.

Makan sahur bertujuan memenuhi kebutuhan gizi serta menjaga energi tetap bertahan hingga waktu buka puasa tiba.

Ahli gizi Rita Ramayulis mengatakan, penting untuk memastikan ada protein dan karbohidrat kompleks saat sahur. Sementara mengenai konsumsi nasi, Rita mengatakan untuk mengimbangi porsi nasi dengan sayur.

"Nasi? Silakan asalkan sayur dikonsumsi sebanyak nasi, lebih banyak sayur lebih baik,' kata Rita dalam webinar bersama Kementerian Kesehatan beberapa waktu lalu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilihan Protein

Mengenai protein, ada banyak pilihan mulai dari telur hingga daging sapi. Namun, pastikan pilih yang tidak berlemak. "Rendang? Itu jangan buat sahur karena memperberat kerja tubuh, bukannya bertenaga tapi lelah," katanya.

Hindari juga mengonsumsi minuman diuretik seperti teh kental dan kopi. Minuman seperti ini justru membuat cepat haus. Lebih baik minum air putih sekitar empat gelas saat sahur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini