Sukses

Studi di Inggris Ungkap Ramadan Tak Pengaruhi Kematian Akibat COVID-19

Sebuah studi mengungkapkan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa warga Muslim di Inggris yang berpuasa di bulan Ramadan berisiko meninggal akibat COVID-19.

Liputan6.com, London - Praktik puasa di Inggris selama bulan suci Ramadan pada 2020 lalu tidak menyebabkan tingkat kematian akibat COVID-19 yang lebih tinggi di komunitas warga Muslim di Inggris, menurut sebuah laporan.

Studi yang diterbitkan pada 31 Maret 2021 di Journal of Global Health, mengatakan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa warga Muslim di Inggris yang menjalani puasa di bulan suci Ramadan berisiko meninggal karena infeksi Virus Corona.

Diketahui bahwa selama bulan Ramadan, yang berlangsung sekitar empat minggu, umat Islam di seluruh dunia tidak makan dan tidak minum dari fajar hingga matahari terbenam.

Ada lebih dari tiga juta Muslim di Inggris, sekitar lima persen dari populasi, dan sebagian besar berasal dari Asia Selatan.

Banyak warga Muslim di negara tersebut yang terkena dampak pandemi secara tidak proporsional, bersama dengan kelompok minoritas lainnya.

"Temuan kami menunjukkan bahwa praktik yang terkait dengan Ramadan tidak memiliki efek merugikan pada kematian akibat COVID-19," kata laporan itu, seperti dilansir Al Jazeera, Selasa (5/4/2021).

"Ada banyak komentar yang menunjukkan bahwa perilaku dan praktik budaya komunitas minoritas menjelaskan peningkatan keterpaparan mereka terhadap pandemi," tambah laporan tersebut, mengacu pada saran dari beberapa komentator Inggris 2020 lalu terkait kemungkinan adanya "lonjakan" infeksi selama Ramadan.

"Klaim ini tidak berdasarkan bukti. Sebaliknya, mereka adalah gangguan yang tidak membantu dari ketidaksetaraan dalam faktor penentu sosial kesehatan, terutama ketidaksetaraan dalam kondisi hidup dan kerja, yang telah menjadi pendorong utama ketidaksetaraan kesehatan untuk semua kelompok yang kurang beruntung secara sosial sebelum dan juga selama pandemi COVID-19," jelas laporan itu.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ramadan tak Pengaruhi Tingkat Kematian Akibat COVID-19 di Inggris

Laporan itu didasarkan pada analisis komparatif tingkat kematian COVID-19 selama Ramadan pada 2020 lalu, yang dimulai pada 23 April, tak lama setelah gelombang pertama pandemi COVID-19 memuncak di Inggris.

Perayaan biasa dan sholat berjamaah di masjid dibatalkan selama bulan itu, sejalan dengan aturan lockdown nasional.

Para peneliti menganalisis tingkat kematian di lebih dari puluhan wilayah lokal di Inggris di mana populasi Muslim setidaknya 20 persen.

Mereka menemukan bahwa kematian terus menurun di daerah-daerah tersebut selama periode Ramadan.

Lebih lanjut, tren ini berlanjut setelah Ramadan, kata laporan itu, "menunjukkan bahwa tidak ada efek merugikan yang terjadi dari puasa di wilayah tempat tinggal warga Muslim".

Salman Waqar, yang ikut menulis penelitian tersebut, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa temuan tersebut menunjukkan bahwa Ramadan tidak memiliki "efek merugikan" pada hasil COVID-19.

Dia mengindikasikan bahwa data tersebut juga bertentangan dengan komentar dari beberapa politisi dan komentator lain bahwa"“komunitas tertentu, khususnya, Muslim", bertanggung jawab atas peningkatan kasus Virus Corona pada 2020 lalu.

Sementara itu, Dewan Muslim Inggris (MCB) - organisasi Muslim terbesar di Inggris, mengatakan laporan itu membantah asumsi negatif - sebagian besar diabadikan oleh sayap kanan - bahwa warga Muslim akan melanggar aturan lockdown di bulan Ramadan dan menyebabkan lonjakan infeksi.

"Persepsi seperti itu tertanam dalam prasangka, dirancang untuk mengkambinghitamkan komunitas Muslim, dan mengalihkan perhatian dari ketidaksetaraan kesehatan struktural yang lebih luas yang mereka dan kelompok-kelompok minoritas lainnya hadapi," kata Omar Begg, juru bicara MCB, kepada Al Jazeera.

3 dari 4 halaman

Harapan Bebas dari Asumsi Negatif

Laporan tersebut datang kurang dari dua pekan sebelum Ramadan tahun ini dijadwalkan mulai pada 13 April mendatang.

"Kami berharap Ramadan ini akan bebas dari… asumsi, dan bahwa tindakan pragmatis diambil pada tingkat kebijakan untuk mengatasi penyebab ketidaksetaraan yang disoroti oleh pandemi," kata Begg.

Ada 1,8 miliar Muslim di dunia berpuasa selama Ramadan. Sementara beberapa, seperti mereka yang tidak mampu karena alasan kesehatan, atau anak-anak, tidak menjalaninya..

Waqar pun menghimbau warga Muslim di Inggris untuk "mengambil setiap tindakan pencegahan" selama bulan suci tahun ini, meskipun ada pelonggaran lockdown di Inggris dan penurunan tingkat infeksi - didukung oleh kampanye vaksinasi massal yang cepat.

"Ini sangat (penting) mengingat dampak yang tidak proporsional yang dialami komunitas Muslim dalam hal kasus COVID dan kematian, tetapi juga dalam penggunaan vaksin," kata Waqar, merujuk pada keraguan akan vaksin di antara beberapa Muslim dan komunitas minoritas lainnya di Inggris.

Juru bicara pemerintah inggris tidak menanggapi temuan laporan tersebut secara langsung, tetapi mengatakan kepada Al Jazeera bahwa ada "bukti jelas bahwa COVID-19 telah berdampak secara tidak proporsional pada kelompok tertentu".

"Kami melakukan segala yang kami bisa untuk melindungi dan meminimalkan risiko bagi individu dan komunitas yang paling rentan," kata juru bicara itu.

"Sebagai bagian dari ini, kami bekerja keras dengan keyakinan dan pemimpin komunitas untuk memberi mereka nasihat dan informasi tentang manfaat vaksinasi dan bagaimana komunitas mereka bisa mendapatkan vaksin," tambah juru bicara tersebut.

4 dari 4 halaman

Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.