Sukses

Manfaat Membaca Surah Al Ikhlas, Dijaga 50 Ribu Malaikat

Membaca surah Al Ikhlas sebelum tidur, maka Allah SWT akan mengutus 50 ribu malaikat untuk menjaganya.

Liputan6.com, Jakarta Surah Al Ikhlas merupakan surah dalam Alquran yang ke-122. Surah yang terdiri dari empat ayat ini mempunyai banyak manfaat bila dibaca.

Sejumlah hadis menjelaskan tentang sebab turunnya surah Al Ikhlas. Pada intinya, surah ini diturunkan sebagai jawaban atas permintaan pengetahuan tentang sifat-sifat Allah SWT.

Pada ayat pertama surah Al Ikhlas disebutkan, “Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.”

Salah satu keutamaan surah Al Ikhlas ini disampaikan oleh Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki. Dia menyatakan bahwa surat Al-Ikhlas merupakan salah satu pintu terbesar solusi dari segala permasalahan.

Bahkan, Nabi Muhammad SAW menyebut bahwa surah Al Ikhlas ini menyamai sepertiga Alquran. Beliau bersabda, “Surat Al Ikhlash itu pahalanya menyamai sepertiga Alquran.”

Menurut para ulama, arti dari perkataan Rasulullah itu adalah bahwa surah Al Ikhlas mengandung tiga aspek sekaligus, yaitu aspek hukum, berita, dan tauhid.

Ulama lain berpendapat bahwa yang dimaksud dari sepertiga Alquran itu bahwa pahala membaca surah Al Ikhlas ini seperti pahala membaca sepertiga kitab suci tersebut. Berikut rangkuman manfaat dan keutamaan surah Al Ikhlas.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

50 Ribu Malaikat Menjaga

Manfaat membaca surah Al Ikhlas yang pertama, seseorang akan mendapat perlindungan dari ribuan malaikat yang bakal menjaganya.

Nabi Muhammad bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Ikhlas tiga kali ketika menjelang tidurnya maka Allah akan mengutus untuknya lima puluh ribu malaikat-Nya yang akan menjaganya sampai waktu subuh”.

Dijauhkan dari Kemiskinan

Meski hanya terdiri dari empat ayat yang pendek-pendek, surah Al Ikhlas mengandung pahala yang besar. Siapa yang ingin jauh dari kemiskinan maka membaca surah ini dapat membantu keluar dari kemiskinan.

Dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al Ikhlas sekali sampai ia masuk rumahnya maka dijauhkan kemiskinan untuknya.”

Pengampunan Dosa

Surah Al Ikhlas juga mampu menghapus dosa-dosa kecil yang sempat dikerjakan oleh seorang hamba. Terkadang, dosa-dosa kecil itu sulit dihindari. Namun, dengan membaca surah ini, maka dosa tersebut akan dihapus.

Nabi bersabda, “Barangsiapa yang membaca qul huwallahu ahad (surat al-Ikhlas) dua ratus kali maka dosanya (dosa kecil) akan diampuni selama lima puluh tahun, kecuali apabila ia memiliki hutang.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.