Sukses

Manfaat Membaca Surat Yasin, Hidup Berkah Penuh Limpahan Rezeki

Surat Yasin punya segudang manfaat bagi umat Islam bila mau membacanya dengan berniat hanya mendapat ridha Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Surat Yasin punya banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Biasanya surat ini dibaca pada hari Jumat. Namun, Yasin tidak hanya baik di hari besar umat Islam itu, melainkan juga bisa dibaca kapan saja.

Surat Yasin yang merupakan surat ke-36 dalam Al Quran ini baik dibaca untuk banyak hal, di antaranya untuk mengungkap rasa syukur hingga berharap kebaikan darinya. Surat Yasin paling sering dibaca ketika ada seseorang yang meninggal dunia. Gunanya untuk mengharap husnul khatimah (akhir yang baik) bagi si mayit.

Surat ini diturunkan di Kota Makkah sebelum Nabi Muhammad SAW berhijrah ke Kota Madinah. Untuk itu, surat Yasin tergolong dalam surat Makkiyah.

Surat penuh berkah ini punya tiga pokok yang terkandung di dalamnya, yaitu berisi tentang penguatan iman kepada hari kebangkitan, kisah terkait orang-orang terdahulu yang hidup di desa, serta dalil-dalil tentang keesaan Allah SWT.

Selain itu, surat Yasin juga berisi informasi mengenai surga dan sifat-sifatnya. Di mana surga ini kelak disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah SWT. Surat yang terdiri dari 83 ayat ini berjuluk jantungnya Al Quran.

Merangkum dari sejumlah sumber, berikut lima kebaikan bagi orang mukmin bila membaca surat Yasin.

1. Mendapat Kelancaran Rezeki

Membaca surat Yasin bermanfaat untuk melancarkan rezeki seseorang. Dengan niat tulus dan ikhlas hanya meminta kepada Allah, membaca surat Yasin dengan istikamah akan mendapat kemudahan dalam mendapat rezeki halal dan berkah.

2. Mendapat Kebahagiaan

Rasa gundah, gulana, sedih dan kurang bahagia, bisa jadi merupakan pertanda berkurangnya kebahagiaan. Untuk menghilangkan kebuntuan hati itu, dianjurkan agar membaca surat Yasin setiap hari.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Mendapat Keselamatan

Tidak ada yang tahu kapan mala petaka akan datang menimpa kita. Salah satu cara agar terus dalam lindungan Allah dan selalu terjauh dari malapetaka adalah dengan membaca surat Yasin.

4. Mendapat Keberkahan Hidup

Dengan membaca surat Yasin, ternyata bisa membuat hidup penuh dengan berkah dan terus meningkatkan kesejahteraan. Kesejahteraan tidak selalu dinilai dengan besarnya jumlah harta, namun ia juga mencakup berkah keselamatan, berkah ketenangan, dan selalu mendapat kenikmatan dari apa yang kita dapat.

5. Mendapat Ampunan Dosa

Surat Yasin dapat mengikis dosa dan melipatkan pahala seseorang. Sebagai ikhtiyar dalam menggapai surga dan terbebar dari siksa neraka, membaca surat Yasin dengan istikamah bisa mempermudah kita menuju ke sana.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh At Thabrani membenarkan kesaktian surat Yasin tersebut. Dalam hadis dikatakan, “Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.” (HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu hurairah ra).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.