Sukses

Jadwal Imsakiah Hari Ini Sabtu 23 Mei 2020 di Kota Besar dan Doa Malam lailatul Qadar

Liputan6.com, Jakarta Jadwal Imsakiah Hari Ini Sabtu 23 Mei 2020 sudah seharusnya kamu sebagai umat muslim ketahui. Dengan mengetahui jadwal imsak serta jadwal shalat wajib dapat membuat puasa Ramadan kamu lebih teratur.

Sedangkan Jadwal Imsakiah Hari Ini Sabtu 23 Mei 2020 berbeda di setiap daerah. Perbedaan pada jadwal imsak serta jadwal shalat di setiap daerah mengharuskan kamu untuk teliti dalam mencermati waktu imsak. Jangan sampai puasa kamu menjadi batal atau tidak sah hanya karena masih makan di waktu sudah imsak.

Selama waktu imsak di daerah tempat tinggalmu belum masuk, maka kamu bisa mengabaikan tayangan televisi yang mengumumkan waktu imsak untuk daerah-daerah di kota lain. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui jadwal imsak saat puasa di tempat tinggalmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Kementerian Agama, Jumat (22/5/2020) Jadwal Imsakiah Hari Ini Sabtu 23 Mei 2020

2 dari 4 halaman

Jadwal Imsakiah Hari Ini Sabtu 23 Mei 2020 di Beberapa Kota Besar

Jadwal Imsakiah Hari Ini Sabtu 23 Mei 2020 di beberapa kota besar Indonesia:

Jakarta: 04.26 WIB

Bandung: 04.24 WIB

Surabaya: 04.04 WIB

Jogja: 04.14 WIB

Banda Aceh: 04.53 WIB

Medan: 04.43 WIB

Padang: 04.44 WIB

Pekanbaru: 04.37 WIB

Palembang: 04.29 WIB

Semarang: 04.12 WIB

Pontianak: 04.06 WIB

Banjarmasin: 04.50 WITA

Denpasar: 04.56 WITA

Makassar: 04.34 WITA

Palu: 04.26 WITA

Mataram: 04.52 WITA

Kupang: 04.24 WIT

Ambon: 04.57 WIT

Sorong: 04.40 WIT

Jayapura: 04.05 WIT

3 dari 4 halaman

Niat Puasa Ramadan

Berpuasa di bulan ramadan merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim. Kewajiban berpuasa di bulan ramadan ini tentunya membuat kamu harus serius dalam menjalankannya. Bagi kamu yang mungkin sudah lupa atau untuk anak-anak yang baru mulai puasa pada tahun ini, bisa melihat niat puasa di bawah ini.

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan ramadan karena Allah Ta’ala.”

Pentingnya niat puasa ramadan bahkan bisa membuat puasa kamu tidak sah bila tidak berniat dari dalam hati. Kamu tidak harus mengucapkannya, berniat di dalam hati saja sudah cukup. Niat merupakan doa puasa ramadan yang harus kamu lakukan sebelum besoknya melakukan ibadah puasa. Kamu bisa berniat malam ketika selesai sholat tharawih maupun ketika selesai sahur sebelum imsak. Jadi kamu wajib menghafalkan niat berpuasa yang merupakan salah satu doa puasa ramadan ini.

Dengan mengenal doa-doa yang harus diketahui selama bulan ramadan ini, kamu bisa melakukan ibadah puasa dengan lebih khusyuk dan baik. Semoga amal ibadah kita di bulan ramadan diterima oleh Allah SWT.

4 dari 4 halaman

Doa Malam Lailatul Qadar

Doa malam Lailatul Qadar tentunya akan memberikan berkah yang begitu besar kepada siapa saja umat muslim yang mendapatkannya. Oleh karena itu, banyak umat muslim yang semakin meningkatkan ibadahnya di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Maka doa malam Lailatul Qodar perlu diketahui agar bisa mendapatkan malam kemuliaan tersebut. Diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Aisyah RA pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasul, andaikan aku bertemu lailatul qadar, do’a apa yang bagus dibaca? Rasul menjawab

“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni”

Yang artinya: Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai orang yang minta ampunan. Karenanya ampunilah aku (HR. Ibnu Majah)