Sukses

Heboh Aplikasi Android yang Bisa Catat Dosa dan Pahala

Belakangan ini warganet dihebohkan dengan kehadiran aplikasi Raqib Atid yang memiliki fitu mencatat dosa dan pahala bak malaikat yang mencatat amal perbuatan manusia.

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini warganet dihebohkan dengan kehadiran aplikasi Raqib Atid yang memiliki fitu mencatat dosa dan pahala bak malaikat yang mencatat amal perbuatan manusia.

Mengutip Antara, aplikasi Raqib Atid ini telah ada di Play Store namun belum tersedia di App Store. Aplikasi berbobot 4,9MB itu tampaknya baru hadir di toko aplikasi Google dengan keterangan versi 1.0 yang diupdate pada 28 April.

Menariknya, meski baru diunduh lebih dari 100 kali, aplikasi tersebut sudah mengantongi 5 bintang.

"Apps yang dapat membantu Anda menjadi pribadi yang lebih baik, dengan mencatat kesalahan dan kebaikan Anda setiap hari dan memberi Anda ringkasan dan grafik kesalahan serta kebaikan Anda setiap hari," bunyi keterangan pada kolom deskripsi aplikasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Dosa dan Pahala

Antarmuka aplikasi tampak sederhana dengan menu utama terdiri dari dua bagian, yaitu Dosa dan Pahala.

Pada menu Dosa, terdapat beberapa jenis tindakan yang kurang baik, seperti ghibah (berbicara keburukan orang lain), berbicara kotor, membantah orangtua, ingkar janji dan mencuri. Sementara pada menu Pahala, terdapat sejumlah amalan baik, di antaranya salat, dzikir, sedekah, membaca Al-Qur'an, berpuasa dan membantu orangtua.

Terdapat pula pilihan "Tambah Jenis Dosa/Pahala" jika pengguna ingin menambahkan bentuk amalan baik atau pun kegiatan yang berujung dosa.

Untuk menggunakannya, diperlukan kejujuran pengguna, sebab pernghitungan Dosa dan Pahala dilakukan secara manual. Pengguna dapat menambahkan jumlah jenis Dosa dan Pahala yang dilakukan pada masing-masing ikon, misalnya masukkan angka 1 untuk ghibah dan 2 untuk salat.

Namun, angka yang telah di submit tidak dapat diralat. Sementara, untuk menambahkah amalan jenis Dosa atau Pahala, tinggal memasukkan angka dan terjumlah secara otomatis.

Tampilan total akumulasi jumlah Dosa dan Pahala yang telah di-submit ini lantas disajikan dengan diagram warna-warni. Tidak hanya itu, keseluruhan dari masing-masing Dosa dan Pahala juga ditampilkan dalam bentuk statistik dari hari ke hari.

Dengan demikian, aplikasi tersebut dapat membantu pengguna memantau kebaikan dan keburukan yang dilakukan setiap hari, sehingga menjadikan pengguna pribadi yang lebih baik.

(Arindra Meodia/Antaranews)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.