Sukses

Ingin Tetap Terhidrasi Selama Ramadan? Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Berikut adalah deretan makanan dan minuman yang dapat Anda coba konsumsi untuk tetap terhidrasi selama puasa Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta- Dengan panjangnya jam saat kita berpuasa di tengah bulan suci Ramadan, sangat penting bagi orang-orang untuk melakukan pencegahan ekstra agar dapat menjaga pola konsumsi mereka. 

Dilansir dari Gulf News, Selasa (28/4/2020), idealnya setiap orang harus minum antara 2,5 dan 3 liter air. Namun sering kali banyak orang lupa minum bahkan 1-2 liter air yang seharusnya mereka minum, setelah matahari terbenam. 

Selain menambahkan minum, mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak air dapat membuat tubuh kita segar dan terhidrasi sepanjang hari. 

Situs laman berita Gulf News, membagikan beberapa cara agar tubuh tetap terhidrasi selama puasa Ramadan, di antaranya termasuk memilih makanan dan minuman yang tepat. Berikut ini ulasannya:

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Semangka

Buah semangka memiliki kandungan 92 persen air, dan 8 persen buah. Cairan yang ditemukan dalam semangka diantaranya adala garam, kalsium dan magnesium, yang merupakan komponen sempurna untuk dikonsumsi setelah hari yang panjang agar dapat menghidrasi kembali tubuh. 

3 dari 5 halaman

2. Buah Dengan Kandungan Air yang Tinggi

Anda dapat mencoba kembali menghidrasi tubuh dengan beberapa buah-buahan yang berkadar air tinggi seperti jeruk, semangka, apel, nanas, dan buah persik. Anda pun dapat mengkonsumsi buah-buahan tersebut denga menjadikannya sebagai smoothie

Daripadai menambahkan yogurt atau susu, cobalah tambahkan air dan es sebagai gantinya. Kandungan buah-buahan tersebut akan membuat tubuh terhidrasi lebih lama dan Anda dapat meminumnya selama sahur.

4 dari 5 halaman

3. Selada Bokor

Selada bokor (Iceberg lettuce) memiliki kandungan 96 persen air, dan jika Anda ingin mengembalikan hidrasi pada tubuh, merupakan tambahan yang bagus untuk salad apa pun. 

Selain hidangan dalam bentuk sup, Anda dapat berbuka puasa dengan salad yang enak. Jika ingin meningkatkan kadar air, tambahkan beberapa mentimun dan tomat ke dalam hidangan. 

5 dari 5 halaman

4. Susu

Jenis susu apapun yang Anda gunakan, seperti susu almond, santan, atau oat,kandungan pengisi hidrasi ini sebenarnya adalah pengganti air yang baik.

Saat berbuka, Anda dapat menikmati susu dengan menyajikannya dengan sereal. Selain sebagai cara yang bagus untuk memperbaiki kalsium, susu juga dapat menjaga tingkat hidrasi sepanjang hari. 

Selain untuk menambahkan cairan untuk tubuh, susu juga merupakan minuman yang dapat dikonsumsi usai beraktivitas, dan saat beristirahat setelah berolahraga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.