Sukses

Keunggulan Minum Kopi Panas daripada Kopi Dingin

Kopi jadi minuman andalan saat menempuh perjalanan panjang. Namun, minum kopi panas lebih menguntungkan daripada dingin.

Liputan6.com, Jakarta Kopi jadi minuman andalan saat menempuh perjalanan panjang. Di saat suhu panas, minum es kopi memang nikmat tapi kalau mau mendapatkan manfaat lebih lebih baik teguk kopi panas.

Sebuah studi di jurnal Scientific Report mengungkapkan kopi panas menunjukkan tingkat antioksidan lebih tinggi. Antioksidan merupakan kandungan yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kematian dini.

"Bila sesuai atau sedang, penelitian menunjukkan bahwa kopi baik untuk Anda," kata Asisten Profesor Kimia, Megan Fueller, seperti dikutip dari Health, Minggu (16/6/2019).

Memang, masih butuh penelitian tambahan masih diperlukan untuk mengetahui kemungkin perbedaan manfaat kopi berdasarkan cara penyajiannya.

 

Keasaman dari kopi panas dan dingin hampir sama. Kopi dingin seringkali dianggap memiliki keasaman lebih rendah dibanding kopi panas sehingga lebih baik untuk perut. Namun, studi terbaru menemukan bahwa tingkat pH dari kopi panas dan dingin berkisar dari 4.85 hingga 5.13.

Anda tidak perlu khawatir. kopi dingin pun masih memiliki kandungan antioksidan maupun kandungan lain yang mendukung kesehatan. Bahkan kopi dingin memiliki manfaatnya tersendiri.

"Sebagian orang menganggap bahwa kopi dingin lebih nikmat diminum. Hal tersebut akan membuat Anda tidak tergoda untuk menambahkan lemak atau kalori dalam bentuk krim, susu atau gula," kata Professor Epidemiologi dan Nutrisi, Harvard School of Public Health, Frank Hu.

 Penulis: Khairuni Cesario

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini