Sukses

Kata-kata Motivasi Islami Ini Punya Makna Mendalam, Penambah Semangat Hidup

Kata-kata motivasi dengan nuansa Islami.

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata motivasi Islami menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk mendapatkan kembali asupan semangat. Apalagi setelah melewati masalah-masalah berat dalam hidup. Kata-kata motivasi Islami kerap dipilih karena kebanyakan kata-kata yang berasal dari agama akan memberikan ketenangan batin.

Nah, kalau saat ini kamu sedang dalam kondisi kesulitan dalam menjalani hidup, kamu bisa membaca beberapa kata-kata motivasi bernuansa Islami ini. Kini sudah banyak media yang menyediakan berbagai macam kata-kata motivasi dengan nuansa Islami. Hadirnya kata-kata motivasi Islami ini dikarenakan, banyaknya orang yang membutuhkan asupan semangat dari sebuah kata-kata yang menenangkan hati.

Kini Liputan6.com juga telah menyiapkan beberapa kata-kata motivasi Islami yang bisa kamu baca ketika kamu sedang memiliki masalah di kehidupan atau percintaan. Telah dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya, Sabtu (15/6/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kata-kata Motivasi Islami untuk Bangkitkan Semangat Hidup

1. Kembali dalam Bentuk yang Lain

“Jangan berduka, apapun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud yang lain”. – Jalaludin Rumi

Setiap manusia pasti pernah merasakan kehilangan. Nah, di saat kondisi merasa kehilangan ini, tak jarang orang menjadi terpuruk dalam kesedihan yang mendalam.

Kalau kamu sedang dalam kondisi demikian, maka kata-kata motivasi Islami ini sangat cocok untuk kamu. Ya, sesuatu yang hilang itu bisa saja digantikan dengan yang lebih baik oleh-Nya.

2. Kemudahan Bersama Kesulitan

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan”. – QS. Al Insyirah: 5

Ketika menjalani hidup, kesulitan kerap muncul di tengah-tengah perjalannnya. Berbagai macam kesulitan kerap muncul misalnya saja kesulitan ekonomi, kesulitan mendapatkan jodoh, kesulitan menyelesaikan pendidikan, dan kesuliyan lainnya.

Tapi, dengan adanya kesulitan-kesulitan ini jangan sampai membuat kamu merasa putus ada. Ya, karena Allah SWT sendiri sudah menjanjikan pada tiap-tiap kesulitan selalu ada kemudahan yang menyertainya. Asalkan kamu tidak berhenti berdoa dan berusaha.

3 dari 5 halaman

Kata-kata Motivasi Islami untuk Bangkitkan Semangat Hidup

3. Berpikir Positif

“Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu.” – Ali bin abi Thalib

Jalan kehidupan setiap manusia itu berbeda-beda. Ada yang datar-datar dengan masalah-masalah yang tidak seberapa. Namun ada juga yang ditempa dengan masalah yang teramat berat juga.

Nah, di saat kamu menjalani kehidupan yang jalannya ekstrem, hal yang bisa kamu lakukan adalah harus berpikir positif. Seperti kata-kata motivasi Islami ini. Karena dengan berpikir positif ini, akan membuatmu mendapatkan jalan keluar terbaik.

4. Garam Kehidupan

“Air mata berasa asin itu karena air mata adalah garam kehidupan”. – Buya Hamka

Saat merasakan kesusahan, tidak jarang orang mengeluarkan air mata untuk mengekspresikan perasaannya. Namun bagi sebagian orang lainnya, air mata yang jatuh bisa sekaligus mengurangi rasa sakit di hati.

Nah, jika kamu sedang mengalami masalah yang menimbulkan perasaan menjadi sesak, maka menangislah kalau hal itu bisa membuat kamu menjadi lega. Ambillah hikmah dari air mata itu. Rasanya yang asin, merupakan bukti bahwa duka adalah garam dalam kehidupan. Tanpa hal tersebut, mungkin hidupmu akan terasa hampa.

5. Ibarat Bayangan

“Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kamu berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kamu membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu”. – Ibnu Qayyi, Al Jauziyyah

Kata-kata motivasi Islami ini mengajarkan bahwa kalau kerja yang kamu lakukan secara tulus dan tanpa meninggalkan ibadah, maka dunialah yang akan mengikutimu. Seperti bayangan yang mengikuti di belakang kemanapun kamu pergi.

4 dari 5 halaman

Kata-kata Motivasi Islami Tentang Cinta

1. Orang Baik Hanya untuk yang Baik

“Wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik pula.” – QS. An Nuur: 26

Kehilangan orang yang dicintai selalu meninggalkan rasa sakit. Apapun alasannya pergi, tetap saja menyisakan goresan yang mendalam di hati.

Tetapi, kalau kamu sudah merasa melakukan hal terbaik untuknya, tapi dirinya tetap berkeras untuk pergi, barangkali kutipan dari kata-kata motivasi Islami di atas bisa memberikan semangat bagi kamu. Mungkin dirinya memang tidak baik dan Allah SWT akan menggantikannya dengan seseorang yang pantas untuk kamu.

2. Cinta Adalah Penguat Hati

“Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam perjuangan menempuh onak dan duri penghidupan.” – Buya Hamka

Banyak orang yang mengartikan cinta sebagai pembawa rasa sakit dan keputusasaan. Tak jarang, cinta juga dianggap sebagai alasan melemahnya kekuatan hati.

Padahal, dengan cintalah harapan bisa terus bertumbuh. Dengannya pula, seseorang bisa tetap kuat menjalani ujian hidup yang melanda meski bertubi-tubi.

3. Tak Pernah Meminta untuk Menanti

“Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan, atau memeprsilakan. Yang pertama adalah keberanian, yang kedua adalah pengorbanan”. – Salim A. Fillah

Saat ini ada banyak sekali laki-laki yang mengaku mencintai seorang wanita. Namun, ia meminta wanitanya untuk menunggu selama tiga, empat, atau bahkan lima tahun untuk bisa bersanding di pelaminan. Padahal jika benar-benar serius, dia tidak akan meminta pujaan hatinya menunggu selama itu.

Dengan penuh keberanian dia akan segera meminangnya, tapi jika belum mampu, maka akan merelakannya untuk bersanding dengan lelaki lain. Karena laki-laki itu tahu bahwa sang wanita tidak pantas untuk digantungkan tanpa kepastian.

5 dari 5 halaman

Kata-kata Motivasi Islami Tentang Cinta

4. Bisa Meninggalkanmu

“Jangan mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika mereka bisa meninggalkan Allah, maka mereka juga akan meninggalkanmu”. – Imam Asy Syafi’i

Terkadang seseorang bisa jatuh cinta karena terpikat pada kerupawanan wajah, kelembutan sikap, atau bahkan banyaknya harta. Akan tetapi, sebaik-baik rasa cinta adalah yang karena Allah.

Apa jadinya nanti jika kamu mencintai seseorang yang tidak mencintai Allah? Tuhan yang menciptakan dirinya dan memberi banyak nikmat saja ditinggalkannya, apalagi kamu.

5. Karena Agamamu

“Aku mencintaimu karena agama yang ada padamu. Jika kamu hilangkan agama dalam dirimu, maka hilanglah cintaku padamu.” – Imam An Nawawi

Hubungan dalam Islam hendaknya didasari oleh rasa cinta kepada Allah. Orang yang mencintai Allah dengan sepenuh hati akan menarik lawan jenis yang juga mencintai Allah sehingga bisa bersama-sama menggapai rida Allah dalam hubungan yang halal.

Namun, ketika keimanan luntur atau bahkan agama tergadaikan, maka tak ada lagi alasan untuk bersama. Karena, tujuan pernikahan adalah semata-mata untuk beribadah kepada Sang Pencipta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini