Sukses

Gunakan Kendaraan Bermotor, Inilah 6 Tips bagi Pemudik

Ada 6 hal yang harus dicermati bagi pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Meskipun berbagai alat transportasi tersedia, sebagian pemudik lebih memilik untuk menggunakan sepeda motor. Terutama bagi mereka yang mudik dengan rute perjalanan dekat. Sepeda motor dianggap lebih mempermudah pemudik rute dekat untuk melakukan perjalanan.

Terkait hal tersebut, kondisi fisik bukanlah satu-satunya hal yang harus dipersiapakn. Para pemudik juga harus memperhatikan kondisi motor. Dilansir dari Antara, berikut hal yang harus diperhatikan:

1. Pengecekan menyeluruh

Lakukanlah pengecekan menyeluruh kendaraan yang akan Anda gunakan maksimal satu pekan sebelum digunakan. Hal ini agar Anda dapat melakukan adaptasi dengan kondisi kendaraan yang baru. Jangan lupa untuk memperhatikan beberapa bagian penting seperti kaca spion, sistem kelistrikan, lampu-lampu, rem dan penggerak berfungsi dengan baik.

2. Buat Rencana Perjalanan

Pemudik yang menggunakan motor diimbau untuk membuat perencanaan perjalanan dengan baik. Misalnya seperti mencari dan mengetahui jalur alternatif yang dapat dilalui serta tidak membawa barang terlalu banyak agar keseimbangan kendaraan tetap terjaga.

3. Selalu Waspada

Waspada dengan memperhatikan keadaan sekitar saat berkendara. Perhatikanlah jarak antara kendaraan baik di depan maupun belakang.

4. Istirahat

Jika pemudik merasa lelah atau mengantuk saat berkendara maka sebaiknya berhenti di rest area untuk beristirahat. Pada saat ini Anda juga dapat memastikan kembali kondisi sepeda motor Anda.

5. Perlengkapan Wajib

Perhatikan perlengkapan berkendara wajib yang aman dan nyaman untuk Anda gunakan. Seperti helm, sarung tangan, jaket, masker, celana panjang dan sepatu. Siapkan juga jas hujan untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu hujan.

6. Surat Kendaraan hingga Alat Darurat

Jangan sampai melupakan hal-hal penting seperti surat-surat yang dibutuhkan untuk berkendara. Perhatikan juga kelengkapan alat darurat termasuk peralatan P3K agar selalu siap sedia saat berkendaraan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saksikan video berikut di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.