Sukses

Ingin Doa Segera Dikabulkan? Berdoalah di Tiga Waktu Ini di Bulan Ramadan

Lantas kapan saja waktu tersebut?

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan selalu ditunggu-tunggu lantaran diyakini sebagai bulan yang penuh berkah. Segala ibadah yang dilakukan umat muslim juga akan dilipatgandakan pada bulan Ramadan.

Tak cukup sampai disitu, doa-doa yang dimohonkan kepada Allah juga dipercaya akan mudah diijabah. Nyatanya ada beberapa waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan lho. Menurut para ulama setidaknya ada tiga waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan.

Lantas kapan saja waktu tersebut?

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; "Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir.

Ibnu Hajar juga menjelaskan hadits di atas dengan berkata, "Doa dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan." (Fath Al-Bari, 3: 32).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketika Sahur, Berpuasa, dan Buka Puasa

Selain itu waktu kedua yang dianggap sebagai waktu mustajab untuk berdoa di bulan Ramadan adalah ketika kalian berpuasa dan berbuka puasa.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Ada tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi." (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya).

Dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) disebutkan bahwa kenapa doa mudah dikabulkan ketika berbuka puasa yaitu karena saat itu, orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.