Sukses

Sambut Idul Fitri, Ikan Bandeng Super Besar Jadi Buruan di Gresik

Liputan6.com, Gresik - Menyambut Idul Fitri 1439 Hijiriah di Gresik, Jawa Timur, pasar ikan diserbu pembeli. Menariknya, pasar ini hanya menjual ikan bandeng.

Namun, bandeng yang dijual, bukan bandeng biasa. Tapi bandeng kawak yang berukuran super besar dengan berat mencapai lebih dari 5 kilogram per ekor. 

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (14/6/2018), Pasar Bandeng Kawak yang digelar hanya sekali setahun ini selalu ditunggu warga Gresik untuk mendapatkan ikan bandeng yang ukurannya super besar.

Bandeng kawak dijual dengan harga mencapai Rp 110 ribu sampai Rp 150 ribu per kilogram. Jauh lebih mahal dibandingkan bandeng biasa yang harganya Rp 35 ribu per kilogram.

Sebelum dijual, bandeng-bandeng ini dilombakan. Para petani tambak menyebut, butuh kesabaran ekstra untuk merawat dan membesarkan bandeng hingga mencapai berat minimal 5 kilogram.

Petani tambak yang memenangkan kontes menampilkan ikan bandengnya yang berbobot 8 kilogram yang telah dirawat selama 12 tahun. (Muhammad Gustirha Yunas)