Sukses

Spektrum 2,1GHz Bakal Digunakan untuk Trafik Data Selama MUdik

Liputan6.com, Jakarta - Dalam periode mudik, Indosat Ooredoo menyiapkan sejumlah upaya untuk mendukung kelancaran berkomunikasi pelanggannya.

Ada dua hal yang disiapkan operator yang identik dengan warna merah dan kuning tersebut untuk mengantisipasi lonjakan trafik data selama mudik.

Pertama, penggunaan spektrum baru untuk LTE di frekuensi 2,1GHz. Kedua, optimasi jaringan otomatis dengan SON (Self Organizing Network).

Dalam hal ini, Indosat Ooredoo juga sudah menyiapkan kapasitas layanan data yang ditingkatkan menjadi 11.394 TB per hari untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yang diprediksi meningkat sebesar 83,7 persen dibandingkan tahun lalu.

Adapun untuk kapasitas suara juga ditingkatkan menjadi 37,49 juta Erlang per hari, sedangkan kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,01 miliar SMS per hari.

”Kami juga melibatkan lebih dari 1800 tim teknis untuk mendukung operasional jaringan secara harian selama masa  trafik tinggi, untuk memastian bahwa jaringan kami memberikan performansi terbaik untuk pelanggan,” ujar Dejan Kastelic, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, dalam keterangan resminya, Selasa (12/6/2018).

2 dari 2 halaman

Internet Cepat Selama Mudik dan Libur Lebaran

Upaya memastikan kualitas jaringan selama mudik juga dilakukan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai pusat monitoring seluruh jaringan secara nasional.

Kendala jaringan akan dapat diidentifikasi lebih awal, sehingga dapat diatas sebelum kendala tersebut dirasakan oleh pelanggan.

Sebelumnya juga telah dilakukan uji jaringan di jalur mudik Semarang-Demak-Kudus, Jawa Tengah, untuk menunjukkan kesiapan jaringan di bagian jalur Pantura yang juga menjadi jalur mudik padat di pesisir utara Jawa Tengah menuju Jawa Timur. 

Dalam uji jaringan tersebut, diperoleh coverage 4G secara kontinyu di sepanjang rute Semarang-Demak-Kudus.

Selain itu juga dicoba berbagai aktivitas layanan yang biasa dilakukan pelanggan seperti download, live streaming, YouTube, dan video call. Dari hasil pengetesan menunjukkan bahwa sepanjang rute drive test aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering.

 Mendukung kelancaraan dan kenyamanan berkomunikasi dan akses internet selama mudik dan libur Lebaran, dengan meluncurkan program baru bagi pelanggan. Pelanggan bisa memilih seri paket UNLIMITED YouTube yang sesungguhnya dengan harga terbaik mulai dari Rp5.000.

Paket terbaru ini hadir dengan masa aktif 3 hari dengan harga terjangkau, dari yang termurah  Rp5.000, hingga Rp12.000 untuk masa aktif 7 hari. 

Dengan berlangganan paket ini, pelanggan dapat mengakses YouTube, dan aplikasi favorit sehari-hari untuk chatting, media sosial, transportasi, hingga aplikasi streaming musik dan film secara bebas tanpa khawatir kehabisan kuota.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Cerita Ramadan: Semua yang Datang Pasti Akan Pergi
Artikel Selanjutnya
Jadwal Libur Lebaran 2018 Untuk Bank BRI, BNI, BCA, Mandiri, dan Danamon