Sukses

Hindari 5 Makanan Ini Saat Sahur

Jakarta Saat ini kita telah sampai pada penghujung Ramadhan, bagaimana dengan puasa anda? semoga dapat berjalan lancar. Biasanya jika sudah sampai di penghujung seperti ini, sudah banyak yang tidak ingin bersantap sahur. Tahukah anda betapa pentingnya sahur, selain itu barang siapa yang bersahur maka ada keberkahan didalamnya. Apalagi bagi anda yang memiliki kegiatan padat selama berpuasa, jangan sampai ketinggalan sahur yang dapat mengakibat badan lemas dan cepat haus saat berpuasa.

Selama berpuasa, tantangan terberatnya adalah menahan haus. Apalagi jika anda yang memiliki segudang aktivitas dan berada di lapangan atau di luar ruangan. Untuk meminimalisir haus saat berpuasa, pastikan bahwa anda mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan menyegarkan. Pastikan juga untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan baik.

Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari sebagai menu sahur jika anda tak ingin merasa haus saat berpuasa. Makanan tersebut antara lain sebagai berikut:

Makanan Asin & Kaya MSG

Makanan yang terlalu asin dan kaya akan MSG adalah makanan yang sering bikin haus. Untuk itu, hindari mengonsumsi makanan ini selama sahur. Makanan seperti keripik, telur asin dan ikan asin adalah makanan yang penting dihindari saat sahur.

Makanan Bersantan

Bagi sebagian orang makanan bersantan adalah makanan yang lezat dan menggugah selera. Hanya saja, batasi untuk mengonsumsi makanan ini karena bisa menyebabkan meningkatnya kolesterol tubuh. Selain itu, makanan bersantan rupanya bisa meningkatkan risiko haus saat berpuasa.

Makanan Pedas

Selanjutnya yang perlu dihindari saat sahur adalah makanan pedas. Makanan pedas tak hanya bikin kita cepat haus saat puasa, ini juga bisa bikin sistem pencernaan kita kurang sehat.

Makanan yang Terlalu Manis

Makanan yang terlalu manis atau mengandung gula dianggap bisa memberikan asupan energi selama puasa. Tapi, berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis saat sahur justru hanya akan membuat kita merasa cepat haus saat puasa.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi saat sahur jika anda tidak ingin cepat haus saat puasa. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semakin bijak dalam memilih menu yang sehat untuk buka puasa maupun sahur.

Sumber: Vemale 

Reporter: Rohmitriasih