Sukses

Warganet Sibuk Cari Info soal THR Sejak Awal Ramadan

Hasil riset Google yang dilakukan Maret 2018 mengungkap, tunjangan hari raya (THR) merupakan informasi paling banyak dicari oleh pengguna internet sejak awal Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil riset Google yang dilakukan Maret 2018 mengungkap, tunjangan hari raya (THR) merupakan informasi paling banyak dicari oleh pengguna internet sejak awal Ramadan.

Analis Industri Google Indonesia Yudistira Adi Nugroho mengatakan, pencarian tentang THR selalu meningkat sepanjang Ramadan 2017.

Puncak pencarian tentang THR, kata Yudistira, terjadi pada pekan ketiga setelah puasa.

Puncak pencarian informasi mengenai THR ini sejalan dengan keputusan pemerintah tahun lalu yang mewajibkan perusahaan memberikan THR paling lambat tujuh hari sebelum Idul Fitri.

"THR ini sudah banyak dicari sejak awal Ramadan. Puncak pencariannya pada pekan ketiga Ramadan," katanya saat ditemui di Kantor Google Indonesia di Jakarta baru-baru ini.

Pada pekan ketiga Ramadan pula, orang mulai banyak melakukan pencarian terkait barang-barang yang ingin dibelinya sebelum dan sesudah Lebaran.

Dia mengungkapkan, pencarian untuk pembelian produk baru biasanya banyak terjadi saat periode pemberian THR.

Sepekan sebelum dan dua pekan Ramadan, orang banyak melakukan pembelian bahan makanan, lemari es, dan baju.

Sementara, pembelian produk dengan nilai tinggi biasanya terjadi pada pekan ketiga Ramadan, misalnya membeli lemari es, mesin cuci, dan smartphone. Seiring dengan itu, aktivitas belanja online di e-Commerce pun mengalami peningkatan tajam.

Hal ini sejalan dengan data dari layanan perdagangan elektronik Bukalapak. Diungkapkan VP of Marketing Bukalapak, Bayu Syerli Rachmat, kategori gadget, perlengkapan elektronik, dan fashion mengalami peningkatan yang cukup drastis menjelang Lebaran.

"Ketika menjelang Lebaran, gadget, produk elektronik dan fashion, cukup naik drastis. Penjualannya lumayan meningkat mulai dari THR sampai menjelang Lebaran," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perilaku Berubah Gara-Gara THR

Saat Ramadan, terjadi perubahan perilaku belanja pengguna internet. Adapun THR merupakan salah satu faktor yang menyebabkan perubahan perilaku tersebut. 

Berdasarkan data Google, ada empat kunci perubahan perilaku yang terjadi selama Ramadan. Pertama, semakin banyak aktivitas terkait keagamaan, seperti memberikan donasi.

Kedua, perubahan perilaku belanja yang berkaitan dengan pencarian promosi dan THR.

Adapun untuk promosi, lima hal yang paling banyak dicari saat Ramadan adalah ritel dan bahan makanan, travel, gadget dan telekomunikasi, e-Commerce, serta kartu kredit.

 

3 dari 3 halaman

Perubahan Lainnya

Perubahan keempat, terjadi pada aktivitas menonton video online yang mengalami peningkatan, terutama berkaitan dengan konten keagamaan dan pembelian paket data untuk video.

Perubahan terakhir, masyarakat Indonesia menjadi semakin sering melakukan kegiatan berkumpul melalui buka puasa bersama dan mudik.

Semua data ini merupakan hasil riset baru Google bekerja sama dengan lembaga survei Asian Consumer Intelligence.

Survei ini melibatkan 500 responden dan mewawancarai narasumber lain di Indonesia dan Malaysia.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.