Sukses

Pesta Barbecue dan Salat Id di Lapangan Terbuka Muslim Inggris

Berbagai macam gerai, lukisan hena, dan program hiburan anak, turut meramaikan perayaan hari kemenangan bagi umat Muslim.

Liputan6.com, Hounslow - Ribuan warga Muslim Inggris beramai-ramai merayakan Idul Fitri di sebuah lapangan terbuka di Taman Lampton, Hounslow, Inggris.

Perayaan itu dimulai dengan melaksanakan salat Id, kemudian diikuti dengan aktivitas seperti acara keluarga dan barbecue.

Seperti dikutip dari Somalilandpress.com, Rabu (13/7/2016), berbagai macam gerai, lukisan hena, dan program hiburan anak meramaikan perayaan hari kemenangan setelah satu bulan penuh berpuasa di bulan Ramadan.

Anggota Parlemen Brentford dan Isleworth, Ruth Cadbury, turut bergabung dan membaur dengan lebih dari 5.000 Muslim yang merayakan Idul Fitri di tempat tersebut.

"Aku sangat senang bisa berada di sini dan melihat begitu banyak orang dari berbagai komunitas, beramai-ramai merayakan Idul Fitri," kata Ruth.

"Hounslow dikaruniai dengan warga yang datang dari berbagai belahan dunia, dengan kepercayaan dan kebudayaan yang berbeda. Namun kita bersama saling menghargai dan berbagi satu sama lain," ujar anggota parlemen itu.

Ruth juga mengatakan, bahwa dirinya merasa sangat senang menjadi salah satu anggota komunitas itu dan berharap warganya menjalani hari yang menyenangkan dan diberkahi.

Anggota parlemen itu juga menyatakan ungkapan terima kasih kepada komunitas Muslim Somalia atas kerja keras mereka mengkoordinasikan acara yang berlangsung meriah itu.

Perayaan Idul Fitri di Hounslow itu juga dihadiri oleh komunitas muslim Pakistan, Bangladesh, Srilanka, Arab, dan Somali.

"Komunitas Hyderbadi juga ikut serta dalam perayaan hari kemenangan umat Islam ini. Merupakan momen indah dapat menyelenggarakan acara satu tahun sekali ini di Taman Lampton," kata salah seorang anggota komunitas Hyderbadi.

Acara tersebut juga dihadiri oleh direktur yayasan Al Furqan Education Trust, Aynte. Ia mengatakan perayaan itu merupakan yang ke-6 diadakan di Hounslow.

"Sekitar 6.000 warga mengikuti festival ini. Kami bahkan menyediakan dua tempat untuk salat Id tahun ini," kata Aynte.

"Acara salat Id berjemaah ini meningkat setiap tahunnya dan menjadi semakin populer. Perayaan ini tidak hanya untuk muslim Somalia, tapi untuk semua komunitas. Kami sangat senang karena dapat merayakan Idul Fitri bersama-sama," ujar seorang anggota Al Furqan Charity, Mohamed Qaladid.

Mantan Wali Kota Hounslow, Nasir Malik, juga melaksanakan salat Idul Fitri di Taman Lampton.

Acara yang sama juga diselenggarakan di taman publik Ealing, diadakan oleh Masjid Kuba dan Darussalam. Perayaan Idul Fitri di lapangan terbuka semakin mendapatkan sambutan dari Muslim Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini