Sukses

Lebaran, 1,5 Juta Kendaraan Akan Masuk Bantul

Dihub Bantul memprediksi sejutaan kendaraan akan masuk ke Bantul pada nanti malam dan musim liburan Idulfitri 2015.

Liputan6.com, Bantul - Kabupaten Bantul menjadi salah satu tujuan wisata di Yogyakarta dan Jawa Tengah pada Lebaran ini, selain daerah tujuan mudik. Dinas Perhubungan Bantul memprediksi sejutaan kendaraan akan masuk ke Bantul pada musim liburan Idulfitri 2015.

Kepala Dishub Bantul Suwito mengatakan sekitar 1,5 juta kendaraan akan masuk wilayah Bantul pada malam ini dan H+2 Lebaran. Peningkatan jumlah pemudik yang masuk ke Bantul akan terjadi pada malam hari ini.

Menurut dia, Jalan Parangtritis menjadi jalan paling padat saat musim liburan Idulfitri di Bantul. Untuk itu, dia meminta kepada pengendara yang ingin berwisata ke Pantai Parangtritis untuk menghindari Jalan Parangtritis.

"H+2 puncak arus Lebaran terjadi di Jalan Parangtritis ke area wisata. 1-1,5 juta kendaraan akan masuk ke Bantul. Tahun kemarin itu sampai satu juta," ujar Suwito, Kamis (16/7/2015).

Dia mengatakan ada sejumlah rute alternatif yang dapat dilalui masyarakat jika akan ke Pantai Parangtritis.

"Hindari Jalan Parangtritis jika Anda dari timur lewat Jalan Imogiri Barat ke selatan sampai Barongan sampai Bakulan baru keselatan. Kalau dari barat, Dongkelan, Jalan Bantul ke Samas ke Bakulan," tutur Suwito.

Selain Jalan Parangtritis, wilayah yang terhitung padat adalah Jalan Wonosari Piyungan.

Sementara, Suwito memperkirakan ada 300 ribu pemudik dari Bantul yang datang ke wilayah itu malam ini. Bagi pemudik yang akan melintas atau ke Bantul, bisa mengambil jalur selatan. Jalur ini mamadai untuk jalur jalur mudik dan halus. Pemudik juga bisa melintas di Jalan Jalur Lingkar Selatan (JJLS). Selain sudah dilengkapi penerangan jalan umum, JJLS juga sudah bisa dilalui walaupun sampai Pantai Samas.

"Dari Toyan nanti tembus Srandakan dan alternatifnya ke Bantul. Dari Toyan perjalan panjang sampai ke Srandakan itu dipersilakan ke JJLS bisa lewat sana ada wisata kuliner dan nikmati indahnya pantai. Dan di Bantul jalanannya sudah sangat layak. Enggak usah lewat utara, lewat selatan saja jalannya bagus penerangannya bagus sudah ditambah banyak. Wilayah alternatif kita tambah PJU di jalan itu," ujar Suwito. (Bob/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.