Sukses

Ketum Muhammadiyah: Pemilu Selesai, Saatnya Beraktivitas Normal

Menurut Haedar, jika terus terjadi mobilisasi massa menentang kecurangan pemilu, maka ketegangan usai tidak akan pernah selesai.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menilai perlu adanya pemulihan suasana di masyarakat usai pemilu 2019 untuk meredam gejolak politik yang muncul saat ini.

"Pemilu sudah selesai, bikin masyarakat kembali pada tempatnya untuk beraktivitas," kata Haedar Nashir dikutip dari Antara, Senin (22/4/2019).

Menurut Haedar, jika terus terjadi mobilisasi massa menentang kecurangan pemilu, maka ketegangan usai tidak akan pernah selesai. Kunci meredam suasana panas dapat dilakukan para pasangan calon presiden, pendukung partai dan politisi, serta KPU dan Bawaslu.

Haedar mengatakan, jika ditemukan kecurangan maka masyarakat dapat melaporkannya kepada Bawaslu maupun Mahkamah Konstitusi (MK) sesuai hukum yang berlaku.

"Juga perlu meyakinkan bahwa KPU, Bawaslu, dan Mahkamah Konstitusi menjadi sandaran kita untuk menyelesaikan persoalan pemilu. Bahwa selalu ada kekurangan iya, tapi kita harus punya titik yang sama bahwa ini negara hukum, kita harus selesaikan semua secara hukum," demikian Haedar. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.