Sukses

Melongok Persiapan Kubu Jokowi dan Prabowo Jelang Debat Capres

Liputan6.com, Jakarta - Kurang dari 24 jam, debat kandidat calon presiden dan calon wakil presiden dimulai. Kedua kubu, Jokowi dan Prabowo saling klaim kesiapan mental dan penguasaan materi debat yang meliputi hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional, Ace Hasan mengatakan, pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf kian mantul alias mantab betul untuk berhadapan dengan pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga. Bahkan politisi Golkar ini menganalogikan kompetisi lomba lari, dimana Jokowi-Ma'ruf bisa melesat bebas tanpa rintangan dalam debat malam nanti.

"Keduanya berdebat tanpa beban. Karena memilik rekam jejak baik, sudah mantul, mantap betul. Ibarat lomba lari cepat pasangan ini tidak harus memikul ransel berat. Kakinya juga bergerak lincah tanpa tertahan kasus," kata Ace lewat pesan singkat, Kamis (17/1/2019).

Ace mengatakan, kepemimpinan Jokowi selama 4 tahun sudah meletakan fondasi bagi reformasi di bidang hukum. Reformasi disebut sebagai proses dan produk regulasi yang terus dilakukan dengan memangkas aturan berbelit serta mempertegas aturan melindungi rakyat.

"Juga dalam penegakan HAM, terorisme dan pemberantasan korupsi, Pak Jokowi bertindak konkret akan meneruskan fondasi itu untuk melangkah maju. Sehingga tidak mundur lagi," sambung Ace.

 

2 dari 2 halaman

Persiapan Prabowo

Di sisi lain, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Andre Rosiade juga mengatakan hal senada. Persiapan kubu pasangan 02 tengah digodok di Rumah Hambalang, kediaman Prabowo Subianto. Bersama para mentor, keduanya dimatangkan untuk suksesnya perhelatan debat nanti.

"Siap lahir batin, beliau dua hari ini kemarin dan hari ini mematangkan di hambalang bersama tim," kata Andre dalam kesempatan terpisah.

Kesiapan Prabowo, lanjut Andre, menghadapi pertanyaan sensitif juga telah dipersiapkan. Sekali pun menyinggung soal dugaan pelanggaran HAM terkait kasus penculikan, Andre meyakinkan bahwa semua siap dijawab dengan gamblang.

"Insya Allah Pak Prabowo siap, mau ditanya soal penculikan, HAM siap jawab tidak ada masalah," tegas dia.

Poin terakhir, tidak lupa dilakukan Prabowo-Sandiaga adalah memantapkan jiwa spiritual. Dikatakan Andre, keduanya terus banyak beribadah dan bermunajat demi kelancaran debat kandidat pertama pada malam nanti.

"Ya solat berdoa, minta sama Allah diberi kemudahan dan perlindungan," Andre menyudahi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Sandiaga Ungkap Strategi Prabowo Hadapi Debat

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Kenapa Stok BBM di Indonesia Cuma 20 Hari?
Artikel Selanjutnya
Yenny Wahid Harap Debat Capres Dapat Basmi Hoaks