Sukses

Menang 4 Pilkada di Sumbar, Hasto PDIP: Hasilnya Membanggakan

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, berdasarkan data yang dikumpulkan, partainya berhasil menang di 4 Pilkada 2020 yang diadakan di Sumatera Barat.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, berdasarkan data yang dikumpulkan, partainya menang di 4 Pilkada 2020 yang diadakan di Sumatera Barat.

Diketahui, dari total 13 pilkada tingkat kabupaten/kota, PDIP hanya ikut serta pada 9 wilayah. Sementara di 3 kabupaten kursi PDIP kosong dan di 1 kabupaten tidak bisa mencalonkan.

"Berdasarkan laporan Ketua DPD Partai Alex Indra Lukman, dari 9 Pilkada itu, PDI Perjuangan menang di 4 Pilkada yaitu: Dharmasraya, Pasaman Barat, Padang Pariaman dan Pasaman," kata Hasto, Kamis (10/12/2020).

"Dengan demikian PDI Perjuangan memiliki 1 kader sebagai Bupati dan 3 kader sebagai Wakil Bupati," lanjut dia.

Menurut dia, hasil Pilkada 2020 di Sumbar ini membanggakan. Meskipun sempat calon Gubernur yang akan diusungnya Mulyadi-Adi Mukni mengembalikan rekomendasi kepada PDIP.

"Ternyata kita menang di 4 pilkada. Ditinjau dari jumlah kader yang menjadi kepala dan wakil kepala daerah, progress di Sumbar membanggakan. Terima kasih untuk masyarakat Sumbar, PDI Perjuangan selalu memberi perhatian besar terhadap Sumbar," tutur Hasto.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wilayah Lainnya

Hasto juga menuturkan, beberapa hasil pilkada di daerah lain, calon PDIP mencetak kemenangan di Pilkada 2020.

"Di pilbup Ponorogo, calon yang diusung PDI Perjuangan, pasangan Sugiri-Lisdyarita, mampu mengalahkan incumbent yang diusung Partai Nasdem. Demikian juga di Indramayu, pasangan calon PDI Perjuangan, Nina Agustina - Lucky Hakim berhasil mematahkan 20 tahun dominasi Partai Golkar," tambah Hasto.

Hasto menambahkan, berdasarkan hasil hitung cepat menunjukkan pasangan calon Andrei Angouw-Richard Sualang (AARS) menjadi pemenang Pilkada Manado 2020.

Dia menerima informasi, calon wali kota Andrei Angouw, itu bakal menjadi wali kota pertama yang beragama Konghucu.

Hasto mengatakan, dari kantor DPP, dirinya bersama tim pilkada terus memantau perkembangan hasil-hasil pilkada 2020.

"Para Ketua DPD PDI Perjuangan memberikan update pilkada. Termasuk Pak Don (Ketua DPD Sulut), Pak Alex Indra (Ketua DPD Sumbar), Pak Kusnadi ( Ketua DPD Jawa Timur) dan Ono Surono (Ketua DPD Jawa Barat)," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.