Sukses

Pasangan Calon Tiwi-Dono Klaim Menang 56,02 Persen di Pilkada Purbalingga

Calon Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi menangis ketika mengetahui menang Pilkada Purbalingga hasil real count yang dilakukan tim pemenangan.

Liputan6.com, Jakarta Calon Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi menangis ketika mengetahui menang Pilkada Purbalingga hasil real count yang dilakukan tim pemenangan. Perempuan yang karib disapa Tiwi itu menangis sambil memeluk sang paman Bambang Irawan.

Dari penghitungan real count versi tim pemenangan Tiwi-Dono, Bambang Irawan selaku Ketua DPC PDIP Purbalingga mengklaim pasangan calon Tiwi-Dono unggul dari kompetitornya, Mohamad Zulhan Fauzi-Zaini Makarim Supriyatno (Oji-Zaini).

Bambang mengklaim Tiwi-Dono menang dengan persentase perolehan suara 56,02 persen. Sementara Oji-Zaini mendapat 43,98 persen di Pilkada Purbalingga.

"Kami hanya kalah di dua kecamatan, Kecamatan Purbalingga dan Karangreja," kata Bambang pada konferensi pers di Panti Marhaen, sebutan untuk Sekretariat DPC PDIP Purbalingga, Rabu (9/12/2020).

Ketua DPRD Purbalingga itu menjelaskan, perolehan suara 56 persen itu diperoleh dari rekapitulasi perolehan suara di form C1. Para saksi mendokumentasikan form itu lalu mengirimnya ke petugas rekapitulasi. Hasil rekapitulasi ini selanjutnya dikirim ke sekretariat DPC PDIP.

"Itu dari form C1, jadi margin of error-nya kecil sekali, nol koma sekian lah," ujar dia.

Sementara Tiwi melalui pidato kemenangannya sangat optimistis bakal menang meskipun harus menunggu rekapitulasi KPU. Ia mengajak Oji-Zaini berkolaborasi membangun Purbalingga agar lebih maju.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada mas Oji dan mas Zaini sebagai partner kompetisi demokrasi," ucapnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Prioritas

Tiwi bahkan telah menyiapkan dua program prioritas selama masa jabatan 3,5 tahun ke depan. Kedua program itu antara lain penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi yang terperosok ke dalam jurang resesi akibat pandemi.

Adi Yuwono, Ketua Tim Pemenangan Oji-Zaini ketika dihubungi menyatakan proses rekapitulasi baru mencapai angka 60 persen. Dari total 60 persen itu, kubunya masih tertinggal dari rivalnya.

"Belum maksimal, tetapi penghitungan belum selesai, masih bisa berubah," ucapnya.

Dari pantauan di lapangan, Tiwi unggul di TPS 14 Kelurahan Purbalingga Lor yang menjadi tempat ia menyalurkan hak suaranya.

Di TPS itu ada 234 DPT. Dari jumlah itu, hanya 164 pemilih yang menggunakan hak suaranya.

Tiwi-Dono unggul dengan total 88 suara. Sementara Oji-Zaini mendapat 72 suara. Empat surat suara dinyatakan tidak sah.

Sedangkan dari pantauan di TPS 4 Kelurahan Purbalingga Lor, Zaini unggul dengan raihan 133 suara. Sementara Tiwi-Dono mendapat 87 suara.

Di TPS 4 total ada 286 DPT. Dari jumlah itu, ada 227 yang menggunakan hak pilihnya. Sementara suara tidak sah ada tujuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.