Sukses

Terapkan Protokol Kesehatan, PDIP Sediakan Tangki Air Saat Daftar Cakada ke KPU

Proses pendaftaran calon kepala daerah dilakukan PDIP dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memulai pendaftaran pasangan calon kepala daerah (cakada) secara serentak pada Jumat (4/9/2020) kemarin. Proses pendaftaran ini dilakukan PDIP dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Hal itu seperti dilakukan oleh DPC PDIP Minahasa Utara (Minut) yang menyiapkan sabun cuci tangan dan mobil tangki berisi air bersih saat mendaftarkan pasangan calon Joune Ganda-Kevin William Lotulung di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Relawan Joune Ganda-Kevin William Lotulung (JGKWL), Vanny Manopo mengatakan, dirinya diberi tugas khusus oleh DPC PDIP Minahasa Utara untuk menyediakan sabun cuci tangan dan mobil tangki berisi air bersih saat mendaftarkan paslon cakada di kantor KPU.

"Mobil air ini disediakan dalam rangka untuk melaksanakan protokol kesehatan. Para relawan yang mengantar paslon cakada ke KPU bisa cuci tangan di sini," kata Vanny.

Dia mengatakan, tak hanya menyediakan sabun cuci tangan dan mobil tangki air bersih, relawan juga menyiapkan dan mewajibkan seluruh kader dan simpatisan untuk menggunakan masker saat mengantarkan paslon ke KPU.

"Kami menyiapkan ini sebagai bagian dari upaya mencegah penyebaran Covid-19. Pepatah bilang lebih baik mencegah dari pada mengobati," jelas Vanny.

Dia juga mengatakan, upaya kader PDIP menjalankan protokol kesehatan secara ketat saat mendaftarkan paslon cakada ke KPU ini disambut baik masyarakat.

"Ini bisa dicontoh oleh paslon cakada lain di seluruh wilayah yang memulai mendaftarkan diri ke KPU pada tanggal 4 September ini," kata Vanny.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Ketua Umum PDIP

Penerapan protokol kesehatan saat mendaftarkan paslon cakada memang menjadi perhatian khusus bagi PDIP. Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri dalam berbagai kesempatan selalu menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan khususnya bagi kader dan simpatisan PDIP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.